PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN BARANG DAN JASA DI SMKN 4 SURABAYA

  • Evita Dindasari universitas negeri surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternativ alat evaluasi berbantu media kotak dan kartu misterius pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar melakukan strategi pemasaran barang dan jasa, bagaimana kelayakan alat evaluasi berbantu media kotak dan kartu misterius dan bagaimana respon siswa terhadap alat evaluasi berbantu media kotak dan kartu misterius (kokami). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dan diuji cobakan pada 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 28 siswa pada uji coba lapangan dikelas X BDP SMKN 4 Surabaya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 86% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata persentase dari ahli media adalah 80% dengan kriteria layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase 93% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan menunjukkan rata-rata persentase 92% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbantu media teka-teki silang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : alat evaluasi, media kokami, strategi pemasaran barang dan jasa

Abstract

The research purpose is to know the development of evaluation tool assisted box and mysterious cards media on the subject of basic competence marketing make marketing strategies for goods and services in smkn 4 surabaya, to know feasibility of evaluation tool assisted box and mysterious cards, and to know student response of evaluation tool assisted box and mysterious cards.This research is a development research (R & D) with 4D model which consists of 4 stages, namely: define, design, develop, and disseminate. However, this research was carried out only until the development stage. then validated by media experts and material experts and tested on 10 students for small group test and 28 students in a field test in class X BDP of SMK 4 Surabaya.The result of research showed that percentage average from material expert validation is 86% with very  feasible criteria and percentage average from media expert validation is 80% with feasible criteria. While the result of student response from the small group test showed percentage average is 93% with very feasible criteria, and the field test showed percentage average is 92% with very feasible criteria.

Keyword : Evaluation tool, box and mysterious cards, marketing strategies for goods and services

Published
2018-11-30
How to Cite
Dindasari, E. (2018). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN BARANG DAN JASA DI SMKN 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%p
Section
Article
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 65 PDF Downloads: 0