PENGARUH LITERASI EKONOMI, SIKAP DAN KELUARGA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • FAHRUL SHIDHIQ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi, Sikap dan Keluarga Terhadap NiatBerwirausaha Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya. Penelitian inimenggunakan metode teknik purposive sampling, dengan tujuan untuk menentukan sampel yaitumahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya yang memiliki latar belakang keluargaberwirausaha. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2014 – 2016 jumlah total 223mahasiswa dengan latar belakang keluarga wirausaha sehingga diperoleh sebanyak 80 mahasiswa. Hasil ujihipotesis secara parsial literasi ekonomi memiliki nilai koefisien regresi 0,013, sikap memiliki koefisienregresi 0,219 dan keluarga memiliki koefisien regresi 0,718. Hasil uji hipotesis secara simultanmenunjukkan literasi ekonomi, sikap dan keluarga secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap niatberwirausaha mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya. Hasil dari penelitian ini bisadimanfaatkan oleh Fakultas Ekonomi untuk lebih meningkatkan sistem pendidikan mahasiswa khususnyamahasiswa Pendikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya.
Published
2019-01-04
How to Cite
SHIDHIQ, F. (2019). PENGARUH LITERASI EKONOMI, SIKAP DAN KELUARGA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 149