PENGEMBANGAN MODUL BAURAN PEMASARAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • NUR LAILI ZAKIYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan bauran pemasaran untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap implementation. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase dari validasi materi adalah 85,2% dengan kriteria sangat layak, rata-rata presentase dari ahli kegrafikan adalah 98% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata presentase dari ahli bahasa adalah 100% dengan kriteria sangat layak. Sementara hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata presentase adalah 90,68% dengan kriteria sangat layak.

Kata kunci: modul, bauran pemasaran, bahan ajar.

Abstract

This study aims to produce teaching materials in the form of learning modules on basic competencies of implementing marketing mix for vocation secondary schools in marketing expertise programs. This research using research development (R&D) with ADDIE model which consists of 5 stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. However, this research was carried out only until the implementation stage. The instruments used were study sheets, expert validation and student response questionnaires. The return showed that the average percentage of material expert validation was 85,2% with eligible criteria, the average percentage of graphic was 98% with very feasible and the average percentage of linguists was 100% with criteria very decent. While the results of the student questionnaire responses showed the average percentage was 90,68% with very decent criteria.

Keywords: Module, Maketing Mix, Teaching Materials.

Published
2019-07-25
How to Cite
LAILI ZAKIYAH, N. (2019). PENGEMBANGAN MODUL BAURAN PEMASARAN PADA SISWA KELAS X PEMASARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 122