PENGARUH PROMOSI PENJUALANI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN FITUR LAYANAN i-SAKU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA i-SAKU DI INDOMARET (Studi Pada Pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek)

  • NOVIA ALISTRIWAHYUNI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh promosi penjualan, kemudahan penggunaan, dan fitur layanan terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 48 orang. Objek yang menjadi responden penelitian ini yaitu konsumen Indomaret yang memiliki dan menggunakan aplikasi i-Saku sebagai metode pembayaran di Indomaret. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase 22,3%. Hasil penelitian menunjukkan variabel kemudahan penggunaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dengan persentase 29,6% terhadap keputusan pembelian Hasil penelitian menunjukkan variabel fitur layanan (X3) secara parsial berpengaruh positif dengan persentase 6,3% terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret. Secara simultan, variabel bebas promosi penjualan, kemudahan penggunaan, dan fitur layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret dengan presentase sebesar 32,2%.

Kata Kunci : Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Keputusan Pembelian






Published
2019-08-12
How to Cite
ALISTRIWAHYUNI, N. (2019). PENGARUH PROMOSI PENJUALANI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN FITUR LAYANAN i-SAKU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA i-SAKU DI INDOMARET (Studi Pada Pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1182
PDF Downloads: 1466