PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pelanggan TX Travel Klampis Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh experiential marketing dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel mediasi pada pelanggan TX Travel Klampis Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Objek yang menjadi responden yaitu konsumen yang pernah menggunakan jasa TX Travel minimal sebanyak 2 kali dalam kurun waktu minimal 6 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel experiential marketing (X1) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kepuasan pelanggan terbukti tidak mampu memediasi experiential marketing dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan, variabel experiential marketing, kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan TX Travel dengan persentase sebesar 39,4%.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 396