PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • ELSA PUSPITA ANGGRAINI

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan alat evaluasi pembelajaran ini memiliki tujuan utama yakni, mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, mengetahui kelayakan, dan respons peserta didik terhadap alat evaluasi pembelajaran berbasis software construct 2. Penelitian ini menggunakan model pendekatan 4-D, Thiagarajan. Tahapan penelitian meliputi Define, Design, Develop, Disseminate tidak di lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 mendapatkan persentase nilai validasi oleh para ahli keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria “ sangat layak”. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Dengan menggunakan 8 peserta didik pada uji coba terbatas, dan 20 peserta didik pada uji coba lapangan. Hasil persentase Keseluruhan respons peserta didik sebesar 92% dengan kriteria “ sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 pada kompetensi dasar menganalisis kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengelolaan bisnis ritel di SMK Negeri 4 Surabaya dinyatakan layak sebagai alat evaluasi pembelajaran.

Kata kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, Construct 2, Pengelolaan Bisnis Ritel

Abstract

The development of learning evaluation tools has the main objective of developing learning evaluation tools, knowing the feasibility, and students responses to the learning construct-based software construct 2. This research uses a 4-D approach model, Thiagarajan. Stages of research include Define, Design, Develop, and Disseminate not done. The results showed that the software-based learning evaluation tool Construct 2 received a percentage of validation values ​​by experts overall at 90% with the criteria of "very feasible". Trials were conducted twice, namely limited trials and field trials. By using 8 students in limited trials, and 20 students in field trials. The percentage results Overall student response by 92% with the criteria "very feasible". So it can be concluded that the Construct 2 software-based learning evaluation tool on the basic competence in analyzing occupational health and safety in retail business management at SMK Negeri 4 Surabaya is considered feasible as a learning evaluation tool.

Keywords: Learning Evaluation Tool, Construct 2, Retail Business Management

Published
2020-01-23
How to Cite
PUSPITA ANGGRAINI, E. (2020). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 58