ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT PADA APLIKASI OVO (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)

  • NABILA SALSA BILA

Abstract

Pembayaran seluler adalah fasilitas alat pembayaran yang menggunakan ponsel selular sebagai medianya. OVO merupakan salah satu brand mobile payment yang sedang digemari dan menjadi populer belakangan ini. Aplikasi ini memiliki sistem perpindahan dana tunai menjadi non-tunai yang digunakan untuk menunjang proses pembelian. Berbagai layanan yang ditawarkan memberikan pengguna kemudahan bertransaksi dan mengelola serta memonitoring pengeluaran pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan layanan pembayaran seluler pada aplikasi OVO. Analisis data menggunakan analisis faktor konfirmatori. Pengumpulan data melalui angket online dan menyertakan 110 responden pengguna akun OVO mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor baru dengan 6 kali ekstraksi dan reduksi pada rotasi faktor yaitu layanan, kebijakan privasi, sumber informasi, kelompok persahabatan, cashback, dan tingkatan usia. Faktor yang paling dominan adalah faktor layanan dengan nilai varians faktor mencapai 18,801%.

Kata Kunci: analisis faktor, keputusan konsumen, pembayaran seluler, OVO.

Published
2020-07-08
How to Cite
SALSA BILA, N. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT PADA APLIKASI OVO (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35414
Section
Article