PENGARUH MARKETING MIX DAN FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1321-1327Keywords:
marketing mix, faktor situasional, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan faktor situasional terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner online diberikan kepada responden yang telah di tentukan oleh peneliti dengan menggunakan skala Likert yaitu 1-5, yang disebarkan pada 120 responden. Teknik analisis data diolah menggunakan SPSS versi 25.0 for windows yang terdiri atas uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Diperoleh hasil Variabel marketing mix (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel faktor situasional (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Marketing mix (X1) dan faktor situasional (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya.
Kata kunci: Marketing mix, Faktor situasional dan Keputusan pembelian.
Downloads
References
Andika, A., &Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix TerhadapKeputusanPembelianParfum di AzzwarsParfumLubeg Padang.
Assauri, S. (2014). ManajemenPemasaran. Jakarta :Rajawali Pers.
Buchari&Hurriyati. (2016). Manajemen Corporate StrategiPemasaranJasaPendidikan. hlm. 153-154. Bandung :Alfabeta.
Daryanto, &Setyobudi, I. (2014). Konsumendanpelayanan prima.Yogyakarta :Gava Media.
Gusrita, D &Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Dan LingkunganSosialTerhadapKeputusanPembelian Online PakaianWanita Di Kota Padang.JurnalEcogen,1(4), 944-954.
https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan-restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html (diaksespada 7 Februari 2020).
Hurriyati, R. (2010). BauranPemasarandanLoyalitasKonsumen. Bandung : CV Alfabeta.
Kotler, Philip dan Keller. (2016). Marketing Management -15/E, Harlow, Pearson Education.
Mowen, John C. Dan Michael M. (2001). PerilakuKonsumen. Jakarta :PenerbitErlangga.
Philip dan Kevin Keller. (2012). ManajemenPemasaran. Jakarta :Erlangga.
Pratiwi, P. A. O. A., &Sudiksa, I. B. (2013). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mobil Toyota avanza pada pt. agungautomalldenpasar.E-JurnalManajemeUniversitaUdayana,2(9).
Riyanti. (2013). PengaruhPelayanan, HargadanLokasiTerhadapKepuasanKonsumenMartabakKirana Di KabupatenSleman. JurnalFakultasEkonomiUniversitas PGRI Yogyakarta, Vol. 2 No.2.
Rohman, F. (2009). Perannilaihedonickonsumsidanreaksiimpulsivesebagaimediasipengaruhfactorsituasionalterhadapkeputusanpembelianimpulsif di Butik Kota Malang.JurnalAplikasiManajemen,7(2), 251-261.
Roslow, S, Li, T., Nivholls, J. A. F. (2000). Impact of situasional variables and demografic attributes in two seasons on purchasebehavior.European journal of marketing. Vol. 34. No 9/10 pp 1167 1180.
Sari, N., &Setiyowati, S. (2017). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro.JurnalManajemen Magister Darmajaya,3(02), 186-199.
Tjiptono, Fandy. (2012). StrategiPemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.