PENGARUH MARKETING MIX DAN FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA

  • Flavia Rosemery Stelanys Oba Ebang Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: marketing mix, faktor situasional, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan faktor situasional terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner online diberikan kepada responden yang telah di tentukan oleh peneliti dengan menggunakan skala Likert yaitu 1-5, yang disebarkan pada 120 responden. Teknik analisis data diolah menggunakan SPSS versi 25.0 for windows yang terdiri atas uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Diperoleh hasil Variabel marketing mix (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel faktor situasional (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Marketing mix (X1) dan faktor situasional (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya.
Kata kunci: Marketing mix, Faktor situasional dan Keputusan pembelian.

References

Andika, A., &Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix TerhadapKeputusanPembelianParfum di AzzwarsParfumLubeg Padang.

Assauri, S. (2014). ManajemenPemasaran. Jakarta :Rajawali Pers.

Buchari&Hurriyati. (2016). Manajemen Corporate StrategiPemasaranJasaPendidikan. hlm. 153-154. Bandung :Alfabeta.

Daryanto, &Setyobudi, I. (2014). Konsumendanpelayanan prima.Yogyakarta :Gava Media.

Gusrita, D &Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Dan LingkunganSosialTerhadapKeputusanPembelian Online PakaianWanita Di Kota Padang.JurnalEcogen,1(4), 944-954.

https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan-restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html (diaksespada 7 Februari 2020).

Hurriyati, R. (2010). BauranPemasarandanLoyalitasKonsumen. Bandung : CV Alfabeta.

Kotler, Philip dan Keller. (2016). Marketing Management -15/E, Harlow, Pearson Education.

Mowen, John C. Dan Michael M. (2001). PerilakuKonsumen. Jakarta :PenerbitErlangga.

Philip dan Kevin Keller. (2012). ManajemenPemasaran. Jakarta :Erlangga.

Pratiwi, P. A. O. A., &Sudiksa, I. B. (2013). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mobil Toyota avanza pada pt. agungautomalldenpasar.E-JurnalManajemeUniversitaUdayana,2(9).

Riyanti. (2013). PengaruhPelayanan, HargadanLokasiTerhadapKepuasanKonsumenMartabakKirana Di KabupatenSleman. JurnalFakultasEkonomiUniversitas PGRI Yogyakarta, Vol. 2 No.2.

Rohman, F. (2009). Perannilaihedonickonsumsidanreaksiimpulsivesebagaimediasipengaruhfactorsituasionalterhadapkeputusanpembelianimpulsif di Butik Kota Malang.JurnalAplikasiManajemen,7(2), 251-261.

Roslow, S, Li, T., Nivholls, J. A. F. (2000). Impact of situasional variables and demografic attributes in two seasons on purchasebehavior.European journal of marketing. Vol. 34. No 9/10 pp 1167 1180.

Sari, N., &Setiyowati, S. (2017). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro.JurnalManajemen Magister Darmajaya,3(02), 186-199.

Tjiptono, Fandy. (2012). StrategiPemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2021-06-11
How to Cite
Ebang, F., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH MARKETING MIX DAN FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1321-1327. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1321-1327
Section
Article
Abstract Views: 383
PDF Downloads: 392