PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • Rega Widya Parastri Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media pembelajaran, video sparkol scribe, penataan produk

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dan untuk mengetahui respon siswa pada media pembelajaran video animasi berbasis Sparkol VideoScribe. Media video animasi berbasis Sparkol VideoScribe ialah media yang berwujud video Mp4, di mana video itu sendiri berisi tentang materi yang saling berhubungan dengan gambar-gambar animasi, bagan, dan suara. Penelitian berikut, menggunakan jenis penelitian pengembangan model pembelajaran 4 dimensi dari Thiagarajan. Model 4 dimensi mencakup Define, Design, Development dan Diseminate. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai dalam tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi diperoleh 85%, ahli media 82%, sehingga video animasi berbasis Sparkol VideoScribe pada kompetensi dasar menerapkan prosedur perawatan produk yang akan didisplay memperoleh nilai keseluruhan 83,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelas kecil didapatkan nilai persentase berjumlah 87,37% sedangkan uji coba kelas besar 93,83%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Sparkol Scribe, Penataan Produk

References

Air, J.(2014).Video Scribing Howw Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol,UK: Sparkol Books.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Fadillah, dkk. (2019). Pengembangan VideoPembelajaranMatematikaBerbantuanAplikasiSparkolVideoScribe.JurnalGantang. 4(2), 177-182.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurrohmah, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Sparkol Video Scribe. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 8(3), 233-250.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutanto, (dkk). (2019). Penataan Produk SMK/MAK untuk Kelas XII. Bandung: HUP.

Sutrisno, T., & Agung, Y. A. (2016). Pengembangan Media VideoScribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(3).

Sharon. E. Smaldino. (2014).Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana.

Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Administrasi Pendidikan Bisnis Pemerintahan Sosial Perpajakan Ekonomi Hukum Manajemen Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wahyuni, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Compact Disc Interactive (CD-I) Berbasis Video Scribe Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran TKB Kelas X Tav Di SMK Negeri 3 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.6 (2).

Wardani, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe pada Kompetensi Dasar Melakukan Pelayanan Purna Jual terhadap Kompetensi Siswa Kelas XII Pemasaran di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).8(1).

Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wulandari, Dyah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Video Scribe dalam Meningjatkan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Published
2021-05-23
How to Cite
Parastri, R., & Harti, H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1328-1334. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1328-1334
Section
Article
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 287