PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1328-1334Keywords:
media pembelajaran, video sparkol scribe, penataan produkAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dan untuk mengetahui respon siswa pada media pembelajaran video animasi berbasis Sparkol VideoScribe. Media video animasi berbasis Sparkol VideoScribe ialah media yang berwujud video Mp4, di mana video itu sendiri berisi tentang materi yang saling berhubungan dengan gambar-gambar animasi, bagan, dan suara. Penelitian berikut, menggunakan jenis penelitian pengembangan model pembelajaran 4 dimensi dari Thiagarajan. Model 4 dimensi mencakup Define, Design, Development dan Diseminate. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai dalam tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi diperoleh 85%, ahli media 82%, sehingga video animasi berbasis Sparkol VideoScribe pada kompetensi dasar menerapkan prosedur perawatan produk yang akan didisplay memperoleh nilai keseluruhan 83,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelas kecil didapatkan nilai persentase berjumlah 87,37% sedangkan uji coba kelas besar 93,83%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Sparkol Scribe, Penataan Produk
Downloads
References
Air, J.(2014).Video Scribing Howw Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol,UK: Sparkol Books.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Fadillah, dkk. (2019). Pengembangan VideoPembelajaranMatematikaBerbantuanAplikasiSparkolVideoScribe.JurnalGantang. 4(2), 177-182.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurrohmah, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Sparkol Video Scribe. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 8(3), 233-250.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutanto, (dkk). (2019). Penataan Produk SMK/MAK untuk Kelas XII. Bandung: HUP.
Sutrisno, T., & Agung, Y. A. (2016). Pengembangan Media VideoScribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(3).
Sharon. E. Smaldino. (2014).Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana.
Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Administrasi Pendidikan Bisnis Pemerintahan Sosial Perpajakan Ekonomi Hukum Manajemen Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wahyuni, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Compact Disc Interactive (CD-I) Berbasis Video Scribe Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran TKB Kelas X Tav Di SMK Negeri 3 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.6 (2).
Wardani, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe pada Kompetensi Dasar Melakukan Pelayanan Purna Jual terhadap Kompetensi Siswa Kelas XII Pemasaran di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).8(1).
Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wulandari, Dyah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Video Scribe dalam Meningjatkan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.