PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Evaluasi membutuhkan instrumen evaluasi yang digunakan sebagai pengukur keberhasilan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis HOTS yang dikemas lebih menarik menggunakan bantuan aplikasi android untuk diterapkan pada peserta didik kelas XI BDP. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan alat evaluasi berbantuan aplikasi android mendapatkan kelayakan validasi materi 75% dan validasi evaluasi mendapatkan hasil kelayakan sebesar 87 % sedangkan respon peserta didik 82,5%. Dengan demikian alat evaluasi berbantuan aplikasi android dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran penataan produk kelas XI di SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.
Kata Kunci : Alat evaluasi, HOTS, aplikasi android.
References
Alwi, Idrus. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2(2), 140-148.
Anderson dan Krathwohl. (2012). A Taxonomi for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomi of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja
Rosdakarya.Ariyanti, dkk. (2018). Analisis Kelayakan Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan MoodlePada Pembelajaran Biologi. Jurnal Eduboi Tropika,6(2),90-94.
Bagiyono. (2017). Analisis tingkat kesukaran dan daya beda butir soal ujian pelatihan radiografi tingkat 1. 16(1), 1-12.
Depdiknas. (2018). Juknis Penulisan Analisis Butir Soal di SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
Fitriani, dkk. (2018). Pengembangan Instrument Tes High-Order Thinking Skill Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. 5(1), 252-262.
Istiono, dkk. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pysphots) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
Kadir, Abdul. 2015. Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70-81.
Muhammad, W. G. I & Dini, H. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator pada Materi Koloid Kelas XI Di SMA Koperasi Pontianak. Ar Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11-19.
Pratiwi, V. (2016). Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap Vivi Pratiwi Susanti Abstrak. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1), 1–7.
Rahayu, E. E & Agung, L. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologies (ICT) Pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE‟s Publishing.
Suharsimi, Arikunto (2018). Dasar-Dasar Evaluasi PendidikanEdisi revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sunarti, & Rahmawati, S. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum(Maya, Ed.).Yogyakarta: Andi Offset.
Tegeh, I. M, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardany, K.S & Ramli, M. (2017). Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa. Jurnal Inkuiri, 6(2),1-16.
Zubaidah, Siti. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarakan dalam pembelajaran.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 560