PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1041-1047Keywords:
Alat evaluasi, HOTS, aplikasi android.Abstract
Evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Evaluasi membutuhkan instrumen evaluasi yang digunakan sebagai pengukur keberhasilan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis HOTS yang dikemas lebih menarik menggunakan bantuan aplikasi android untuk diterapkan pada peserta didik kelas XI BDP. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan alat evaluasi berbantuan aplikasi android mendapatkan kelayakan validasi materi 75% dan validasi evaluasi mendapatkan hasil kelayakan sebesar 87 % sedangkan respon peserta didik 82,5%. Dengan demikian alat evaluasi berbantuan aplikasi android dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran penataan produk kelas XI di SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.
Kata Kunci : Alat evaluasi, HOTS, aplikasi android.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.