PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

Authors

  • Yeni Diana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1041-1047

Keywords:

Alat evaluasi, HOTS, aplikasi android.

Abstract

Evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Evaluasi membutuhkan instrumen evaluasi yang digunakan sebagai pengukur keberhasilan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis HOTS yang dikemas lebih menarik menggunakan bantuan aplikasi android untuk diterapkan pada peserta didik kelas XI BDP. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan alat evaluasi berbantuan aplikasi android mendapatkan kelayakan validasi materi 75% dan validasi evaluasi mendapatkan hasil kelayakan sebesar 87 % sedangkan respon peserta didik 82,5%. Dengan demikian alat evaluasi berbantuan aplikasi android dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran penataan produk kelas XI di SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.
Kata Kunci : Alat evaluasi, HOTS, aplikasi android.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2021). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041–1047. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1041-1047

Issue

Section

Article
Abstract views: 340 , PDF Downloads: 566