PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING ADOBE FLASH CS6 PADA KD MENGKLASIFIKASI BERKAS ADMINISTRASI KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU
Abstract
Penelitian berikut mempunyai tujuan guna 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran Adobe Flash CS6 materi KD mengklasifikasi berkas administrasi. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 materi KD mengklasifikasi berkas administrasi. Penelitian ini memanfaatkan model pengembangan 4D yakni define, design, develop, serta disseminate. Prosedur penelitian yang dilaksanakan berhenti di tahap pengembangan (develop). Dimana pada tahap pengembangan (develop) tidak dilakukan uji coba dikarenakan adanya wabah covid 19. Subjek penelitian berikut merupakan peserta didik kelas XI BDP 1 dan X1 BDP 2 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Teknik pengumpulan data memanfaatkan lembar validasi ahli materi serta lembar validasi ahli media. Hasil persentase diperoleh validasi yaitu materi mendapatkan 74,4% tergolong kriteria baik sehingga dapat dideskripsikan layak. Validasi media mendapatkan 75% tergolong kriteria baik sehingga dapat dideskripsikan layak. Dengan demikian pengembangan media mobile learning Adobe Flash CS6 mendapatkan kriteria layak guna diterapkan pada SMK Negeri 1 Boyolangu.
Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran, Adobe Flash CS6, Mengklasifikasi berkas administrasi
References
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,24(2), 695-701.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Raya.
Izlatul Lailiya, R. I. N. A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman.Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK),3(1).
Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol VIII No. 2 Hal 1-10
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sanaky, Hujair AH. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Suryani N, Setiawan dan Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 167