PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FLIPBOOK MAKER KD 3.6 MENGANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM BISNIS RITEL KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 2 TUBAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui proses pengembangan, kelayakan, respon peserta didik terhadap e-modul dengan flipbook maker KD 3.6 menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel kelas XI BDP SMK Negeri 2 Tuban. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop, & Disseminate. Namun dikembangkan hingga Develop. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media, serta angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI BDP-1 SMK Negeri 2 Tuban. Perolehan penelitian menunjukkan bahwa e-modul mendapatkan persentase 82% kriteria sangat layak. Hasil persentase diperoleh berdasarkan validasi materi 82%, validasi bahasa 74,2%, dan validasi media 90%. Respon peserta didik melalui uji coba terbatas & uji coba lapangan yang masing-masing memperoleh persentase 89,5% dan 88,5%.
Kata Kunci : E-modul, Flipbook Maker, Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel.
References
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini.
Hapsari, N., Suyanto, S., Budiwati. (2016). Pengembangan E-modul Pengayaan Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5), 23-31. journal.student.uny..ac.id/ojs/ojs/index.php/pbio/article/view/4557.
Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio'13; Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2), 221-231. ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1862. doi:10.24042
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.Jakarta: Kemendikbud RI.https://id.scribd.com/document/363932464/Panduan-Penyusunan-E-Modul-2017-Final
Kemendikbud. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).Jakarta: Kemendikbud RI.psmk.kemendikbud.go.id/konten/4097/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-mata-pelajaran-smk-dikdasmen-no-464dd5kr2018
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administasi Perkantoran, 7(3), 60-65.
Putra, R. W., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMinMap Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47. www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/129
Prastowo. (2013) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmi, L. (2018). Perancangan E-module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. 21(1), 105-111. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index. ISSN 2580-2771.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. S., dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Suprapto. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Di Sekolah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1), 34-41. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/631. doi: 10.21831.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta: Media Abadi. Simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7.https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6463. ISSN 2548-7175. DOI: 10.19184.
Yanti, F. (2019). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 179-186. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/4329.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1095