PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FLIPBOOK MAKER KD 3.6 MENGANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM BISNIS RITEL KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 2 TUBAN

  • Putry Widyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: E-modul, flipbook maker, menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel.

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui proses pengembangan, kelayakan, respon peserta didik terhadap e-modul dengan flipbook maker KD 3.6 menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel kelas XI BDP SMK Negeri 2 Tuban. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop, & Disseminate. Namun dikembangkan hingga Develop. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media, serta angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI BDP-1 SMK Negeri 2 Tuban. Perolehan penelitian menunjukkan bahwa e-modul mendapatkan persentase 82% kriteria sangat layak. Hasil persentase diperoleh berdasarkan validasi materi 82%, validasi bahasa 74,2%, dan validasi media 90%. Respon peserta didik melalui uji coba terbatas & uji coba lapangan yang masing-masing memperoleh persentase 89,5% dan 88,5%.
Kata Kunci : E-modul, Flipbook Maker, Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini.

Hapsari, N., Suyanto, S., Budiwati. (2016). Pengembangan E-modul Pengayaan Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5), 23-31. journal.student.uny..ac.id/ojs/ojs/index.php/pbio/article/view/4557.

Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio'13; Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2), 221-231. ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1862. doi:10.24042

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.Jakarta: Kemendikbud RI.https://id.scribd.com/document/363932464/Panduan-Penyusunan-E-Modul-2017-Final

Kemendikbud. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).Jakarta: Kemendikbud RI.psmk.kemendikbud.go.id/konten/4097/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-mata-pelajaran-smk-dikdasmen-no-464dd5kr2018

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administasi Perkantoran, 7(3), 60-65.

Putra, R. W., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMinMap Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47. www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/129

Prastowo. (2013) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmi, L. (2018). Perancangan E-module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. 21(1), 105-111. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index. ISSN 2580-2771.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S., dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suprapto. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Di Sekolah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1), 34-41. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/631. doi: 10.21831.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta: Media Abadi. Simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7.https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6463. ISSN 2548-7175. DOI: 10.19184.

Yanti, F. (2019). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 179-186. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/4329.
Published
2021-01-12
How to Cite
Widyaningrum, P., & Patrikha, F. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FLIPBOOK MAKER KD 3.6 MENGANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM BISNIS RITEL KELAS XI BDP DI SMK NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1048-1054. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1048-1054
Section
Article
Abstract Views: 836
PDF Downloads: 1095