PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • Rannu Dyah Rahmadani Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media pembelajaran, pengembangan media, ludo

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung usaha-usaha pembaruan dalam penggunaan hasil teknologi dalam proses belajar, salah satunya pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran Ludo pada mata pelajaran Penataan Produk, dan 2) Menganalisis kelayakan pengembangan media pembelajaran Ludo. Metode penelitian ini adalah R&D menggunakan model pengembangan 4D, namun hanya dilaksankan pada tahapan develop. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar telaah dan lembar validasi ahli materi serta ahli media. Lembar validasi ahli dianalisis secara kuantitatif menggunakan skala likert. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Ludo digital yang dioperasikan offline melalui Komputer atau Laptop. Media Ludo dilengkapi dengan materi dan latihan soal bersifat objektif. Penilaian validasi oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 90% diinterpretasikan sangat layak dan penilaian ahli media memperoleh sebesar 95,6% diinterpretasikan sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran Ludo pada mata pelajaran Penataan Produk dinyatakan sangat layak dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Buduran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, pengembangan media, ludo

References

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badri,S.S.,& Iswendi. (2018). Pengembangan Ludo Word Game sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA.XII (12),70–80.

Bayir, E (2014). Developing and playing chemistry games tol earn about elements, compounds, and the periodictable: Elemental Periodica, Compoundica, and Groupica. Journal of Chemical Education, 91(4),531–535.https://doi.org/10.1021/ed4002249

Erviana, V. Y., & Dahlan, U. A. (2019). The Developmentof Ludo Media to Improve Social Studies Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary School Students. 317(IConProCS), 11–15.

Febriyeni, R. ,Iswendi, & Zonalia Fitriza. (2019). Pengembangan Ludo Kimia berbasis Chem-Edutainment (CET) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Journal of RESIDU, 3(14), 122–131.
Jannah, M. M., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 240–249.

Khodizah, S., Irwandani, & Kholid,I. (2019). Development of Ludo Game as Learning Media in Circular Motion. 7(1).

Mahardi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Sekolah Dasar.7, 19–31.

Morris,K.W.,&McGowan,J.(2015).GamifiedLearning :Arationaleforludo-pedagogyandgamifiedclassrooms. (12),23–31.

Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). PengembanganMediaPembelajaranLudoPadaMataPelajaranEkonomi Kelas XI SMA Purnama Trimurjo. JurnalPendidikanEkonomiUMMetro,7(1),50–59.

Pangaribuan, P. (2018). Tantangan Revolusi Industri 4.0Untuk SMK. Retrieved November 20, 2019, fromhttps://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3854/tantangan-revolusi-industri-40-untuk-smk

Riduwan.(2013).SkalaPengukuranVariabel-VariabelPenelitian.Bandung:ALFABETA.Riduwan.(2015).SkalaPengukuranVariabel-VariabelPenelitian.Bandung:ALFABETA.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito.(2014).MediaPendidikan.Jakarta:RajawaliPers.

Sari,S.,&.M.(2018).PengembanganPerangkatPembelajaranMenerapkanModelPembelajaranKooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbasis Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. JurnalPendidikanTeknik Elektro,7(2).

Simbolon, N., & Satria, A. (2016). Making Ludo Word Game (LWG) To Learn Grammar. 1(2).

Siswono, E.,Yatimah,D., & Adiansha,A.A.(2018).Improving IPS Learning Results through Learning Media Playing King Ludo. 6(8),1078–1084.https://doi.org/10.12691/education-6-8-3

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran (M.Sandra ,Ed.).Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Implementasi Model Kooperatif TGT dengan Media Ludo Math untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. 3(1),113–126.

Yolanda,N.S.,&Iswendi.(2019).Pengembangan Permainan Ludo Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XSMA/MA. 1(3), 9–14.
Published
2021-01-12
How to Cite
Rahmadani, R., & Marlena, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1083-1089. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1083-1089
Section
Article
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 390