PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SEMESTER GENAP KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • Diana Retno Andriyani Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Lembar kegiatan peserta didik, komunikasi bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Komunikasi Bisnis, 2) Mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik komunikasi bisnis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yakni Define, Design, Development, and Desseminate, tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang telah dikembangkan memperoleh persentase nilai dari ahli materi sebesar 88%, ahli bahasa 85%, dan ahli kegrafikan 99%, sedangkan pada respon peserta didik ujii coba terbatas dengan 10 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 100% dan uji coba lapangan dengan 36 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 96%.
Kata Kunci : Lembar kegiatan peserta didik, komunikasi bisnis

References

Aisyah, L., & Rohayati, S. (2018)Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Xi Akuntansi Di Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1)

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Jakarta: PRANEDAMEDIA GROUP

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014 Kelompok Peminatan Ekonomi. (Ki 2). Retrieved from http://bsnp-indonesia.org/id/wp content/uploads/2014/05/04-EKONOMI.rar

BNSP. 2013. Peraturan Pemerintah RI No32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal1(23). Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Mendikbud. (2013). Permendikbud No70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. 2013–2015.

Burhanuddin, & Wahyuni, E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar

Evi Rifatul Izza. (2019). Lembar Kegiatan Peserta Didik Korespodensi Semester Gasal Kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.

F, A. D., & Salmah, U. (2006). the Development of Students Worksheet Using Pmri Approach on Materials of Rectangle and Square for the. 1–10

Fitriani, Hasan, M., & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4, 26–42

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka

Setia.Istikharah, R., & Simatupang, Z. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD) Kelas X SMA / MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1),1–6

Kibar, Z. B., & Ayas, A. (2010). Developing a worksheet about physical and chemical event. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 2(2), 739–743. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.094

Kurnia, E. I., & Susilowibowo, J. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Project Based Learning pada Kompetensi dasar Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), 1–9.

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miraz Fadhillah Nadiroh, S., & Susilo Wibowo, J. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Perbankan Syariah Di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3), 355–359.

Payudi, P., Ertikanto, C., Fadiawati, N., & Suyatna, A. (2017). The development of student worksheet assisted by interactive multimedia of photoelectric effect to build science process skills. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 273. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16726

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif(Desy Wijaya, ed.). Jogjakarta: DIVA Press.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Semmel., Semmel. (1974). Instructional development fortraining teachers of exceptional children A sourcebook. Bloomington, Indiana: Indiana University

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran(Meita Sandra, ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Trianto. (2017). Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

WIDYAS KARTIKA, M., & Nasrudin, H. (2012). the Development of Chemistry Worksheet Oriented By Problem Solving in the Reaction Rate Topic for Xi Grade of Pioneering International Senior High School. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1), 154–163

Undang Undang R.I. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. (2003). Jakarta: Dharma Bhakti.
Published
2021-01-12
How to Cite
Andriyani, D., & Saino, S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SEMESTER GENAP KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1090-1096. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1090-1096
Section
Article
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 360