PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SEMESTER GENAP KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Komunikasi Bisnis, 2) Mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik komunikasi bisnis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yakni Define, Design, Development, and Desseminate, tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang telah dikembangkan memperoleh persentase nilai dari ahli materi sebesar 88%, ahli bahasa 85%, dan ahli kegrafikan 99%, sedangkan pada respon peserta didik ujii coba terbatas dengan 10 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 100% dan uji coba lapangan dengan 36 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 96%.
Kata Kunci : Lembar kegiatan peserta didik, komunikasi bisnis
References
Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Jakarta: PRANEDAMEDIA GROUP
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014 Kelompok Peminatan Ekonomi. (Ki 2). Retrieved from http://bsnp-indonesia.org/id/wp content/uploads/2014/05/04-EKONOMI.rar
BNSP. 2013. Peraturan Pemerintah RI No32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal1(23). Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia
Mendikbud. (2013). Permendikbud No70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. 2013–2015.
Burhanuddin, & Wahyuni, E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar
Evi Rifatul Izza. (2019). Lembar Kegiatan Peserta Didik Korespodensi Semester Gasal Kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.
F, A. D., & Salmah, U. (2006). the Development of Students Worksheet Using Pmri Approach on Materials of Rectangle and Square for the. 1–10
Fitriani, Hasan, M., & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4, 26–42
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka
Setia.Istikharah, R., & Simatupang, Z. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD) Kelas X SMA / MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1),1–6
Kibar, Z. B., & Ayas, A. (2010). Developing a worksheet about physical and chemical event. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 2(2), 739–743. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.094
Kurnia, E. I., & Susilowibowo, J. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Project Based Learning pada Kompetensi dasar Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), 1–9.
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Majid, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miraz Fadhillah Nadiroh, S., & Susilo Wibowo, J. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Perbankan Syariah Di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3), 355–359.
Payudi, P., Ertikanto, C., Fadiawati, N., & Suyatna, A. (2017). The development of student worksheet assisted by interactive multimedia of photoelectric effect to build science process skills. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 273. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16726
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif(Desy Wijaya, ed.). Jogjakarta: DIVA Press.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, Semmel., Semmel. (1974). Instructional development fortraining teachers of exceptional children A sourcebook. Bloomington, Indiana: Indiana University
Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran(Meita Sandra, ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Trianto. (2017). Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
WIDYAS KARTIKA, M., & Nasrudin, H. (2012). the Development of Chemistry Worksheet Oriented By Problem Solving in the Reaction Rate Topic for Xi Grade of Pioneering International Senior High School. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1), 154–163
Undang Undang R.I. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. (2003). Jakarta: Dharma Bhakti.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 360