PENGARUH DIGITAL MARKETING BERBASIS SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER DI KAWASAN G-WALK SURABAYA
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian, peneliti menemukan fakta bahwa wisata kuliner di Surabaya tepatnya di Kawasan G-walk memasarkan produk usaha kuliner dengan strategi yang sangat beragam. Strategi pemasaran yang berkembang saat ini yaitu promosi melalui platform digital ataupun sosial media. Penelitian ini memiliki tujuan agar diketahui pengaruh antara digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner. Penelitian dilakukan di Kawasan G-Walk Surabaya dengan mengambil jumlah populasi total sebanyak 200 orang. Jumlah sampel yang dipakai sebanyak 133 orang dengan pengambilan sampel yang menggunakan teknik random sampling. Pengumpu1an data me1a1ui observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan ana1isis regresi 1inier sederhana dengan software SPSS. Hasil pene1itian menunjukkan variabe1 sosial media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 12.694 dengan tingkat signifikansi 0.000. Secara keseluruhan, variabel bebas memiliki pengaruh sebesar 54,8% terhadap variabe1 terikat, dan sisanya adalah sebesar 45,2% dipengaruhi dari variabe1 1ain yang tidak terdapat pada pene1itian ini.
Kata kunci : Digital marketing, sosial media marketing, keputusan pembelian
References
Iblasi, W. N., Bader, D. M. K., & Al-Qreini, S. A. (2016). The Impact Of Social Media As A Marketing Tool On Purchasing Decisions ( Case Study On Samsung For Electrical Home Appliances ), 4(1), 14–28.https://www.arcjournals.org/pdfs/ijmsr/v4-i1/2.pdf
Kotler, Philip. 2017.Manajemen Pemasaran: Jilid 13. Edisi Milenium. Jakarta. Prehallindo.
Kunady Tanggono, C. M. C. S. (2019). Kawasan Wisata Kuliner G-Walk Citraland Surabaya. Retrieved From https://Www.Citralandsurabaya.Com/Commercial/Gwalk-2
Laksamana, P. (2018). Impact Of Social Media Marketing On Purchase Intention And Brand Loyalty : Evidence From Indonesia ’ S Banking Industry, 8(1), 13–18.file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/5838-15002-1-PB.pdf
Line, M. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks, 58(1), 190–199.
Lorena. (2018). Influence Of Social Networks On The Purchase Decisions Of University Students Influencia De Las Redes Sociales Sobre Las Decisiones De Compra De Estudiantes Universitarios.file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/2421-9648-1-PB-1.pdf
Muslihah, Fasihatul . (2019). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam.http://repository.radenintan.ac.id/5988/1/SKRIPSI%20FASIHATUL%20MUSLIHAH.pdf
Perumal, P. (2018). Influence Of Social Media Marketing On Consumer.file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/jaffnauniresearch.pdf
Putri, C. S., & Ciputra, U. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian,1.file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/348-Article%20Text-655-1-10-20170413.pdf
Raheni, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa The Effect Of Social Media On Consumer Buying Interest Study Case Study, 5(2), 82–85.https://core.ac.uk/download/pdf/230257807.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi
Witdya. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian KFC Kramatjati.
Zanjabila, R., & Hidayat, R. (2017). Ana1isis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembe1ian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 9516