PENGARUH DIGITAL MARKETING BERBASIS SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER DI KAWASAN G-WALK SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1097-1103Keywords:
Digital marketing, sosial media marketing, keputusan pembelianAbstract
Berdasarkan hasil pra penelitian, peneliti menemukan fakta bahwa wisata kuliner di Surabaya tepatnya di Kawasan G-walk memasarkan produk usaha kuliner dengan strategi yang sangat beragam. Strategi pemasaran yang berkembang saat ini yaitu promosi melalui platform digital ataupun sosial media. Penelitian ini memiliki tujuan agar diketahui pengaruh antara digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner. Penelitian dilakukan di Kawasan G-Walk Surabaya dengan mengambil jumlah populasi total sebanyak 200 orang. Jumlah sampel yang dipakai sebanyak 133 orang dengan pengambilan sampel yang menggunakan teknik random sampling. Pengumpu1an data me1a1ui observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan ana1isis regresi 1inier sederhana dengan software SPSS. Hasil pene1itian menunjukkan variabe1 sosial media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 12.694 dengan tingkat signifikansi 0.000. Secara keseluruhan, variabel bebas memiliki pengaruh sebesar 54,8% terhadap variabe1 terikat, dan sisanya adalah sebesar 45,2% dipengaruhi dari variabe1 1ain yang tidak terdapat pada pene1itian ini.
Kata kunci : Digital marketing, sosial media marketing, keputusan pembelian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.