KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARKET LEARNING BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMASARAN

  • Nabilah Hamudiana Saski Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media pembelajaran, market learning, media berbasis digital, pengembangan media, articulate storyline 3.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Market Learning berbasis digital yang dikembangkan menggunakan Articulate Storyline 3 ditinjau berdasarkan validitas dan kepraktisan. Validitas diketahui berdasarkan pada hasil validasi konstruk dan validasi isi, sedangkan kepraktisan berdasarkan pada angket respon peserta didik. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2018 semester 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yakni define, design, develop, disseminate), dan dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (develop). Hasil validasi ahli materi sebesar 80% dan validasi ahli media sebesar 88,8%. Hasil respon peserta didik sebesar 81,8% untuk uji coba kelompok kecil dan 78,7% untuk uji coba kelompok besar. Sehingga media pembelajaran Market Learning berbasis digital dapat dikatakan layak berdasarkan pada validitas dan kepraktisan.
Kata Kunci : Media pembelajaran, market learning, media berbasis digital, pengembangan media, articulate storyline 3.

References

Atas, D. P. S. M. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA, 1–36.Badan Pusat Statistik. (2018). Perkembangan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK), (102), 1–8.

Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan Dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Pt. Grasindo. Kunci, K. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul Dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup Di Era Globalisasi, 2(2), 115–136. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Pratama, R. A. (2018). Al Barik (Tutorial Gambar Grafik): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2, 8(2), 185–197.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rivers, D. (2017). Articulate Storyline 3. Retrieved July 31, 2020, from https://www.lynda.com

Sudjana, N., & Rivai, A. (2012). MediaPembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (K. M. G. Prenada (Ed.)). Jakarta: Prendamedia Group.

Wibawanto, W. (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.

Yumini, SIti & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.
Published
2021-04-12
How to Cite
Saski, N., & Sudarwanto, T. (2021). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARKET LEARNING BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMASARAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1118-1124
Section
Article
Abstract Views: 1673
PDF Downloads: 3880