KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARKET LEARNING BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMASARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Market Learning berbasis digital yang dikembangkan menggunakan Articulate Storyline 3 ditinjau berdasarkan validitas dan kepraktisan. Validitas diketahui berdasarkan pada hasil validasi konstruk dan validasi isi, sedangkan kepraktisan berdasarkan pada angket respon peserta didik. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2018 semester 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yakni define, design, develop, disseminate), dan dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (develop). Hasil validasi ahli materi sebesar 80% dan validasi ahli media sebesar 88,8%. Hasil respon peserta didik sebesar 81,8% untuk uji coba kelompok kecil dan 78,7% untuk uji coba kelompok besar. Sehingga media pembelajaran Market Learning berbasis digital dapat dikatakan layak berdasarkan pada validitas dan kepraktisan.
Kata Kunci : Media pembelajaran, market learning, media berbasis digital, pengembangan media, articulate storyline 3.
References
Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan Dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Pt. Grasindo. Kunci, K. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul Dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup Di Era Globalisasi, 2(2), 115–136. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Pratama, R. A. (2018). Al Barik (Tutorial Gambar Grafik): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2, 8(2), 185–197.
Pujiriyanto. (2012). Teknologi Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rivers, D. (2017). Articulate Storyline 3. Retrieved July 31, 2020, from https://www.lynda.com
Sudjana, N., & Rivai, A. (2012). MediaPembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (K. M. G. Prenada (Ed.)). Jakarta: Prendamedia Group.
Wibawanto, W. (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Yumini, SIti & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 3880