ANALISIS USAHA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KAIN BATIK LAMONGAN (Studi Pada UKM Batik UD. Cahaya Utama Desa Sendangagung, Kec. Paciran, Kab. Lamongan)

  • Afrian Nanda Kusuma Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Analisis SWOT, bauran pemasaran, UKM batik UD. cahaya utama lamongan

Abstract

UKM Batik UD. Cahaya Utama Lamongan menghasilkan produk yang memiliki nilai seni tinggi karena masih menjaga keaslian ciri khas motif dan teknik membatik tulis terus mengikuti kemajuan perkembangan trand. Dengan menggunakan analisis SWOT dan bauran pemasaran penelitian ini bertujuan merekomendasikan strategi pemasaran pada UKM Batik UD. Cahaya Utama dalam meningkatkan volume penjualan agar memiliki daya saing kuat. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis SWOT yaitu faktor internal dan eksternal memperoleh total skor kekuatan (1,25), kelemahan (1,05), Peluang (1,35), dan Ancaman (0,95). Dari analisis SWOT tersebut kemudian digambarkan dalam diagram Cartesius titik koordinat berada pada strategi SO yaitu strategi (Growth) pengembangan, didukung strategi pemasaran 4P yaitu tempat, produk, harga, dan promosi untuk meningkatkan volume penjualan.
Kata Kunci: Analisis SWOT, bauran pemasaran, UKM batik UD. cahaya utama lamongan

References

Assuari, S. (2011). Manajemen Pemasaran: Dasar, konsep, dan Strategi.(Cetakan ke). Jakarta: PT.Raja Grafindo.

David. (2012). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Eti, K. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN.

Rif’ah, S. (2018). Batik Lamongan “jejak ekonomi kreatif warisan sunan sendang”.Lamongan: Pustaka wacana.

Risminawati, M. dan. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasa. Surakarta: FKIP UMS.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, D. H. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). 29(1), 59–66.

Yusuf, A. (2016). Architecture metabolism approach which integrates the concept Magersari in supporting balanced development with green agricultural land insuburbs. 227(November 2015), 609–616. Jakarta
Published
2021-04-12
How to Cite
Kusuma, A., & Patrikha, F. (2021). ANALISIS USAHA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KAIN BATIK LAMONGAN (Studi Pada UKM Batik UD. Cahaya Utama Desa Sendangagung, Kec. Paciran, Kab. Lamongan). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1146-1152. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1146-1152
Section
Article
Abstract Views: 253
PDF Downloads: 369