PENGARUH SUASANA TOKO DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO PARFUM OXY JOMBANG

  • Ika Kristiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Ritel, suasana toko, kualitas layanan, keputusan pembelian.

Abstract

Keberadaan toko parfum oxy Jombang menambah jumlah daftar perusahaan ritel yang mulai bermunculan di Jombang. Banyaknya toko parfum dan aksesoris menjadikan berbagai alasan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Beberapa faktornya adalah suasana toko dan kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh suasana toko dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di toko parfum oxy jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 63 responden yaitu konsumen di toko parfum oxy Jombang dengan pengumpulan datanya menggunakan angket. Kemudian data ditabulasi dan dianalisis dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable suasana toko dan kualitas layanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,75.
Kata Kunci: Ritel, suasana toko, kualitas layanan, keputusan pembelian.

References

Andi Kotler, Philip dan Amstrong, G. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Jilid Kesatu Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ali dan Anggita. 2017. Vol 3 “The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District)”. A Multidisciplinary Journal. United Arab Emirates. Dubai.

Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2017). Pengaruh KualitasProduk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang.

Fahimah. 2015. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Vol. 28, No. 1. Hal 1-10.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

Griffin, Ricky W, dan Ebert, R. J 2009. Bisnis Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.Hamdani, A. 2006. Manajemen pemasaran jasa.Salemba Empat, Edisi,2.

Hasan, M. I. 2002. Pokok-pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13.Jakarta: Erlangga,14.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks Gramedia.

Levy dan Weitz. 2001. Retailing Management. Boston: Mc. Graw Hill. Irwin.

Lovelock, Christoper H dan Lauren K Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Jakarta: INDEKS.

Liu, Y., & Jang, S. S. (2009). Perceptions of Chinese restaurants in the US: what affects customer satisfaction and behavioral intentions?.International Journal of Hospitality Management,28(3), 338-348.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Nofiawaty dan Beli Yuliandi. 2014. Pengaruh StoreAtmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 12 No. 1. Hal. 55-73.

Nursanti, T. D., & Herlina, H. (2012). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Variasi Merchandise, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Gadget: Studi Kasus Gerai Wellcommshop Mal Citraland.Binus Business Review,3(1), 356-373.

Rosida, L., & Pratiwi, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Dengan Pemanfaatan Pelayanan VCT di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta.Jurnal Kebidanan,7(1), 23-27.

Setianingsih, N. F. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Dunkin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta).Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI),5(1), 82-90.

Sharma and Naval Garg. 2015. Impact of Store Atmosphere on Customers Buying Behavior in Super Market Environtment. International Journal in Management and Social Science. ISSN 2321-1784, Vol. 03 Issue-02, pp. 1016-1026.

Solomon, Michael R. 2013. Consumer Behavior Buying, Having and Being 10th Edition. UK: Pearson.

Sukma, E. A., DH, A. F., & Yaningwati, F. 2012. Suasana toko dalam menciptakan emosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (survey pada pengunjung retail Hypermart Malang Town Square Kota Malang).Profit: Jurnal Administrasi Bisnis,6(1).

Sulistiorini, Indah. 2017. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Eramart Tenggiri Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, Vol. 5 No. 2. Hal. 511-520.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Andriana, D. 2009. Pemasaran Strategi Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, Christina Widya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Vidawanti, Nova. 2017. Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Gajah Mada Di Jombang.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN),1(1).

Widyanto, Achmad Indra. 2014. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Vol. 14 No. 1. Hal 1-6.
Published
2021-04-12
How to Cite
Kristiana, I., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH SUASANA TOKO DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO PARFUM OXY JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1153-1159. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1153-1159
Section
Article
Abstract Views: 403
PDF Downloads: 559