PENGARUH INTENSITAS BROWSING DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)

  • Elmy Nur Faidah Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Intensitas browsing, kelompok referensi, keputusan pembelian, sabun pembersih wajah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh intensitas browsing dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun pembersih wajah pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 210 sampel. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang menggunakan sabun pembersih wajah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas browsing dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan..
Kata Kunci: Intensitas browsing, kelompok referensi, keputusan pembelian, sabun pembersih wajah

References

Abdi, F., & Rachman M. A. 2017. Information Seeking behaviour of woman in Slum Area in Kampung Poncol South Jakarta. Journal Edulib, Vol. 7,24-32

Eliza, R. S. M., & Kusumawati, A. 2016. The Impact of Drugstore Makeup Product Reviews By Beauty Vlogger on Youtube Towards Purchase. JournalInternational Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. ISSN: 2528-617X. 264-273

Harahap, D. A.. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia:Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen SainsIndonesia(JRMSI). Vol 9 (02), 193-213

Kurniawan, S., & Rahmi, T. 2018. Gambaran Peran Kelompok Acuan Pada Pembelian Produk Fashion Secara Online Shopping. Jurnal RAP UNP, Vol. 9 (1), 92-104

Setiadi, N. J. 2015. Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group (Kencana)

Renata, G. A., & Soeyono, R. D.. 2017. Survei Daya Terima Konsumen Terhadap Produk Sabun Wajah. e-Journal Tata Rias Unesa. Vol. 06 (01), 32 -40

Global Digital Reports 2020. Diakses pada 01 Juni 2020, dari wearesocial.comKemkominfo: Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan Informasi. Diakses pada 02 Februari 2020, dari www.kominfo.go.id

Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketing Management(Fifteenth Edition). Boston: Pearson Education,Inc

Malhotra, Naresh, K. 2017. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Jakarta: Indeks. Edisi 4 (1)

Mangkunegara, Anwar. 2012. PerilakuKonsumen. Bandung: PT Refika Aditama

Meyliana. (2012). Pengaruh Komunitas Virtual Dalam Keputusan Pembelian. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012). Yogyakarta. ISSN: 1907-5022

Sutanto,A. M., & Aprianingsih, A. 2016. The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention : A Study in Premium Cosmetic in Indonesia. Journal
International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. ISSN 2528-617X. 218-230Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat 2018. Diakses pada 02 Februari 2020, dari balitbangsdm.kominfo.go.id

Peter, Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran edisi 9 jilid 1. Jakarta. Penerbit Salemba EmpatPeter, Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran edisi 9 jilid 2. Jakarta. Penerbit Salemba Empat

Rachdianti, Yuniar. 2011. Hubungan antara self control dengan intensitas penggunaan internet remaja akhir. Skripsi tidak diterbitkan. Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2732

Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A. 2018. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Pengguna Kosmetik Maybelline Di Indonesia). JurnalAdministrasi Bisnis (JAB), Vol. 63 (1), 187-196

Shahnaz, N., & Wahyono. 2016. The electrical discharge between a pointed conductor and a hemispherical surface in gases at different pressures. Management Analysis Journal, Vol. 32 (2), 254-255

Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Graha Ilmu

Trend Skincare Millennial. Diakses pada 10 Mei 2020, dari cultura.idZap

Beauty Index 2020. Diakses pada 05 Mei 2020, dari zapclinic.com
Published
2021-04-12
How to Cite
Faidah, E., & Harti, H. (2021). PENGARUH INTENSITAS BROWSING DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1167-1173. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1167-1173
Section
Article
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 206