PENGARUH INTENSITAS BROWSING DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh intensitas browsing dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun pembersih wajah pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 210 sampel. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang menggunakan sabun pembersih wajah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas browsing dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan..
Kata Kunci: Intensitas browsing, kelompok referensi, keputusan pembelian, sabun pembersih wajah
References
Eliza, R. S. M., & Kusumawati, A. 2016. The Impact of Drugstore Makeup Product Reviews By Beauty Vlogger on Youtube Towards Purchase. JournalInternational Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. ISSN: 2528-617X. 264-273
Harahap, D. A.. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia:Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen SainsIndonesia(JRMSI). Vol 9 (02), 193-213
Kurniawan, S., & Rahmi, T. 2018. Gambaran Peran Kelompok Acuan Pada Pembelian Produk Fashion Secara Online Shopping. Jurnal RAP UNP, Vol. 9 (1), 92-104
Setiadi, N. J. 2015. Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group (Kencana)
Renata, G. A., & Soeyono, R. D.. 2017. Survei Daya Terima Konsumen Terhadap Produk Sabun Wajah. e-Journal Tata Rias Unesa. Vol. 06 (01), 32 -40
Global Digital Reports 2020. Diakses pada 01 Juni 2020, dari wearesocial.comKemkominfo: Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan Informasi. Diakses pada 02 Februari 2020, dari www.kominfo.go.id
Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketing Management(Fifteenth Edition). Boston: Pearson Education,Inc
Malhotra, Naresh, K. 2017. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Jakarta: Indeks. Edisi 4 (1)
Mangkunegara, Anwar. 2012. PerilakuKonsumen. Bandung: PT Refika Aditama
Meyliana. (2012). Pengaruh Komunitas Virtual Dalam Keputusan Pembelian. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012). Yogyakarta. ISSN: 1907-5022
Sutanto,A. M., & Aprianingsih, A. 2016. The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention : A Study in Premium Cosmetic in Indonesia. Journal
International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. ISSN 2528-617X. 218-230Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat 2018. Diakses pada 02 Februari 2020, dari balitbangsdm.kominfo.go.id
Peter, Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran edisi 9 jilid 1. Jakarta. Penerbit Salemba EmpatPeter, Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran edisi 9 jilid 2. Jakarta. Penerbit Salemba Empat
Rachdianti, Yuniar. 2011. Hubungan antara self control dengan intensitas penggunaan internet remaja akhir. Skripsi tidak diterbitkan. Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2732
Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A. 2018. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Pengguna Kosmetik Maybelline Di Indonesia). JurnalAdministrasi Bisnis (JAB), Vol. 63 (1), 187-196
Shahnaz, N., & Wahyono. 2016. The electrical discharge between a pointed conductor and a hemispherical surface in gases at different pressures. Management Analysis Journal, Vol. 32 (2), 254-255
Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Graha Ilmu
Trend Skincare Millennial. Diakses pada 10 Mei 2020, dari cultura.idZap
Beauty Index 2020. Diakses pada 05 Mei 2020, dari zapclinic.com
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 206