PENGARUH PRAKTEK MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA NIAGA UNESA)

  • Riza Abyadin Rusly Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pengaruh, salesmanship, studi kasus

Abstract

Peneliti dalam penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan pencapaian sebagai berikut; agar dapat memahami apa pengaruh praktik perkuliahan Salesmanship kepada kompetensi mahasiswa, Progam studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, UNESA. Populasi di analisis berikut menargetkan kepada seluruh anak didik di Fakultas Ekonomi UNESA. Yang menjadi ciri-ciri yang akan menjadi titik yang harus dicapai. Peneliti memilih populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah para mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA yang telah mendapatkan pembelajaran Salesmanship, pada lingkup berikut merupakan mahasiswa prodi pendidikan tata niaga angkatan 2015 A dan B. Pendekatan secara kuantitatif digunakan oleh peneliti penyebaran angket secara online untuk mahasiswa yang memiliki jumlah 86 mahasiswa. Pemelihan teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS versi 16.0. simpulan dari penelitan menyatakan mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi memiliki nilai positif serta signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Progam Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, mata kuliah kewirausahaan yang diajaran di Perguruan Tinggi terbukti mampu menumbuhkan jiwa wirausaha. Pada penelitian ini telah diambil manfaatnya ialah untuk memperoleh informasi mengenai pengembangan soft kill di dalam dunia pendidikan.
Kata kunci : Pengaruh, Salesmanship, Studi kasus

References

Ahmad Susanto. (2013).Teori Belaja dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana PrenadamediaGroup

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka cipta

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Badura. (2004). SalesmanshipIlmu dan Seni Mnjadi Penjual yang Sukses. Jakarta: PT. BumiAksara

Bafadal, Ibrahim. (2005). Pengelola PerpustakaanSekolah. Jakarta: Bumi. Aksara

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

H. Daryanto. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.Jihad, Asep dan Abdul

Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian KualitatiF., Bandung: Rosda karya

Pandji, Anoraga. (2004).Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka

Prawira, D. (2010). Belajar dari Kegiatan di Luar Kelas (Laboratorium). Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, 27-29

Rustaman, N.Y. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sagala,Syaiful. (2011). Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sofyan, A., dkk. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta: UIN Jakarta Press

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Remaja Rosdak
Published
2021-08-22
How to Cite
Rusly, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH PRAKTEK MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA NIAGA UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1188-1194. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1188-1194
Section
Article
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 173