PENGARUH PRAKTEK MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA NIAGA UNESA)
Abstract
Peneliti dalam penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan pencapaian sebagai berikut; agar dapat memahami apa pengaruh praktik perkuliahan Salesmanship kepada kompetensi mahasiswa, Progam studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, UNESA. Populasi di analisis berikut menargetkan kepada seluruh anak didik di Fakultas Ekonomi UNESA. Yang menjadi ciri-ciri yang akan menjadi titik yang harus dicapai. Peneliti memilih populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah para mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA yang telah mendapatkan pembelajaran Salesmanship, pada lingkup berikut merupakan mahasiswa prodi pendidikan tata niaga angkatan 2015 A dan B. Pendekatan secara kuantitatif digunakan oleh peneliti penyebaran angket secara online untuk mahasiswa yang memiliki jumlah 86 mahasiswa. Pemelihan teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS versi 16.0. simpulan dari penelitan menyatakan mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi memiliki nilai positif serta signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Progam Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, mata kuliah kewirausahaan yang diajaran di Perguruan Tinggi terbukti mampu menumbuhkan jiwa wirausaha. Pada penelitian ini telah diambil manfaatnya ialah untuk memperoleh informasi mengenai pengembangan soft kill di dalam dunia pendidikan.
Kata kunci : Pengaruh, Salesmanship, Studi kasus
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka cipta
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Badura. (2004). SalesmanshipIlmu dan Seni Mnjadi Penjual yang Sukses. Jakarta: PT. BumiAksara
Bafadal, Ibrahim. (2005). Pengelola PerpustakaanSekolah. Jakarta: Bumi. Aksara
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
H. Daryanto. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.Jihad, Asep dan Abdul
Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian KualitatiF., Bandung: Rosda karya
Pandji, Anoraga. (2004).Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka
Prawira, D. (2010). Belajar dari Kegiatan di Luar Kelas (Laboratorium). Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, 27-29
Rustaman, N.Y. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sagala,Syaiful. (2011). Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Sofyan, A., dkk. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta: UIN Jakarta Press
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Remaja Rosdak
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 173