PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Perkembangan teknologi yang modern khususnya dalam dunia pendidikan semakin pesat dan menjadikan proses belajar mengajar dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran online berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa, dengan populasi penelitian siswa SMK Negeri 10 Surabaya. Sampel yang diambil siswa kelas XI yang berjumlah 32 siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana dengan alat uji SPSS 23 yang mendapatkan hasil penelitian media pembelajaran online berbasis Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Media Online, Apilikasi Edmodo
References
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Belajar.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Allen, Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.
A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan :pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif.Bandung: Yrma Widya.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Teradap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajr Siswa Pada Mta Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di Man 1 Kota Tangerang Selatan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41841/2/ernawati-fitk.pdf. 9 Mei 2020.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edidi 8), Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Nuril Wilda Maghfiroh, Askhabul Kirom, Munif. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Vol 2, No 2. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/al-gazwah. 10 Mei 2020.
Nu’man, Ahmad Zanin. (2014). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol 7, No 1. http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597. 11 Mei 2020.
Priowijanto, Gatot. (2013). Materi Simulasi Digital.Jakarta: Seamolec.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Rahmawati, Eka, Riswan Jaenudin, Fitriyanti. (2015). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Rahmawati. Vol 2, No 2. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5563. 10 Mei 2020..
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 399