PENGARUH CITRA MEREK DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAKE HERBALIFE

  • Ikke Yuni Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: citra merek, kelompok referensi, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan membahas pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake Herbalife. Dalam penelitian berikut memakai jenis penelitian kuantitatif, sedangkan populasinya sendiri ialah konsumen Herbalife. Penelitian berikut memakai teknik Purposive Sampling menjadi teknik pengambilan sampel dengan jumlah responden sebanyak 90 orang dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan datanya. Uji asumsi klasik sebagai teknik analisis data yang dipakai pada penelitian berikut dan regresi linier berganda selaku metode analisisnya. Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel citra merek (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan nilai signifikan hasil variabel kelompok referensi (X2) secara parsial memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian, citra merek dan kelompok referensi secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife yaitu sebesar 57,5%.
Kata Kunci : Citra Merek, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian

References

Apriyandani, H.,Yulianto, E.,Sunarti. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Mahasiswa S1 Fakultas Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 50. No. 2.

Chao, R., Author, C., & Management, L. (2016). The impact of brand image and discounted price on purchase intention in outlet mall: Consumer attitude as mediator. TheJournal of International ManagementStudies, 1(2), 119-128.

Dian, N. F.&Artanti, Y. (2013). “Pengaruh Kelompok Acuan dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee”. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 1 Nomor 2 Maret 2013.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Cetakan IV. Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro.

Idrawati, D. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya”. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302-319.

Jalasena, B, dkk. (2014). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembalian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 139 –147.

Kotler, K. (2009). Managaemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jakarta. Erlangga.

Montung, P., dkk. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15 (05), 678-689.

Mufidatun, I. M. (2017). Analisis pengaruh citra merek, iklan, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada produk lipstick wardah.

Oladepo, I&Abimbola, S. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix On Consumer Buying Decision, A Study of Beverage Consumers In Lagos State, Nigeria. British Journal of Marketing Studies,3(4). 97-109.

Permadi, P. C., dkk. (2014). Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),10(1), 1-7.

Pramudi, R.Y. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembalian Kosmetik Local. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 280 -301.

Sembiring, J. I., dkk. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (1), 1-10.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: GhaliaIndonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tambunan, K. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2015). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Torlak, O., Ozkara, B. Y., Tiltay, M. A., Cengiz, H., & Dulgar, M. F (2014). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: an application concerning cell phone. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8(2), 61-67.

Top Brand Kategori Susu Diet 2019 oleh Top Brand Award diakses pada tanggal 20 maret 2020 https://www.topbrand-award.com/en/2019/08/susu-diet-khusus-fase-2-2019/

Kotler, P.dan Kevin L. (2007). Manajemen Pemasaran.Millenium Edition. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi 12. Jakarta. PT.Indeks.

Peter, P. J. & Jerry, C. Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1 Ed. 9. Dialihbahasakan oleh Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.

Windarti, T. & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Jom FISIP, 4(2), 1-10.
Published
2021-08-22
How to Cite
Rakhmawati, I., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAKE HERBALIFE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1244-1250. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1244-1250
Section
Article
Abstract Views: 473
PDF Downloads: 573