PENGARUH CITRA MEREK DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAKE HERBALIFE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan membahas pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake Herbalife. Dalam penelitian berikut memakai jenis penelitian kuantitatif, sedangkan populasinya sendiri ialah konsumen Herbalife. Penelitian berikut memakai teknik Purposive Sampling menjadi teknik pengambilan sampel dengan jumlah responden sebanyak 90 orang dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan datanya. Uji asumsi klasik sebagai teknik analisis data yang dipakai pada penelitian berikut dan regresi linier berganda selaku metode analisisnya. Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel citra merek (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan nilai signifikan hasil variabel kelompok referensi (X2) secara parsial memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian, citra merek dan kelompok referensi secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife yaitu sebesar 57,5%.
Kata Kunci : Citra Merek, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian
References
Chao, R., Author, C., & Management, L. (2016). The impact of brand image and discounted price on purchase intention in outlet mall: Consumer attitude as mediator. TheJournal of International ManagementStudies, 1(2), 119-128.
Dian, N. F.&Artanti, Y. (2013). “Pengaruh Kelompok Acuan dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee”. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 1 Nomor 2 Maret 2013.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Cetakan IV. Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro.
Idrawati, D. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya”. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302-319.
Jalasena, B, dkk. (2014). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembalian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 139 –147.
Kotler, K. (2009). Managaemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jakarta. Erlangga.
Montung, P., dkk. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15 (05), 678-689.
Mufidatun, I. M. (2017). Analisis pengaruh citra merek, iklan, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada produk lipstick wardah.
Oladepo, I&Abimbola, S. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix On Consumer Buying Decision, A Study of Beverage Consumers In Lagos State, Nigeria. British Journal of Marketing Studies,3(4). 97-109.
Permadi, P. C., dkk. (2014). Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),10(1), 1-7.
Pramudi, R.Y. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembalian Kosmetik Local. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 280 -301.
Sembiring, J. I., dkk. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (1), 1-10.
Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: GhaliaIndonesia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tambunan, K. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto.
Tjiptono, F & Chandra, G. (2015). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Torlak, O., Ozkara, B. Y., Tiltay, M. A., Cengiz, H., & Dulgar, M. F (2014). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: an application concerning cell phone. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8(2), 61-67.
Top Brand Kategori Susu Diet 2019 oleh Top Brand Award diakses pada tanggal 20 maret 2020 https://www.topbrand-award.com/en/2019/08/susu-diet-khusus-fase-2-2019/
Kotler, P.dan Kevin L. (2007). Manajemen Pemasaran.Millenium Edition. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi 12. Jakarta. PT.Indeks.
Peter, P. J. & Jerry, C. Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1 Ed. 9. Dialihbahasakan oleh Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.
Windarti, T. & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Jom FISIP, 4(2), 1-10.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 573