PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA

Authors

  • Rika Maulidia Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1300-1306

Keywords:

preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh preferensi gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan purposive sampling teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel non probability sampling, dengan total 200 responden. Responden tersebut merupakan konsumen makanan fast food di kota Surabaya dan sudah melakukan pembelian secara berulang di berbagai merek makanan Fast food minimal tiga kali pembelian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa preferensi gaya hidup (X1) dan kelompok referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya (Y) dimana kontribusi preferensi gaya hidup dan kelompok referensi sebesar 24% sedangkan terdapat sisa 76% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Maulidia, R., & Harti, H. (2021). PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1300–1306. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1300-1306

Issue

Section

Article
Abstract views: 571 , PDF Downloads: 1132