PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA

  • Rika Maulidia Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh preferensi gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan purposive sampling teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel non probability sampling, dengan total 200 responden. Responden tersebut merupakan konsumen makanan fast food di kota Surabaya dan sudah melakukan pembelian secara berulang di berbagai merek makanan Fast food minimal tiga kali pembelian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa preferensi gaya hidup (X1) dan kelompok referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya (Y) dimana kontribusi preferensi gaya hidup dan kelompok referensi sebesar 24% sedangkan terdapat sisa 76% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek.

References

Christianti, A. (2018). Analisa pengaruh kelompok referensi, gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran asian king surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).

Dewi, M.(2015). Pengaruh Gaya Hidup (lifestyle), Harga, Promosi terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata (destination) Studi Kasus pada Konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-13.

Janeta, A., & Santoso, O. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Makanan Pada Remaja Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(1).

Kabalmay, Y. (2017). “Café Addict”: Gaya Hidup Remaja Perkotaan (Studi Kasus Pada Remaja Di Kota Mojokerto) (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Kartikasari, D. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Penelitian pada mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk mie instan merek Indomie).Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matik Di Semarang. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 12(2), 115-126.

Mowen C. (2002). Perilaku Konsumen.Jakarta: Penebit ERLANGGA .

Oktaviani, & Notobroto, H. (2014). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127-135.

Setiadi, & Nugroho J. (2003) .Perilaku konsumen.Edisi revisi.Jakarta: Kencana.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sunarti, S. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 180-189.

Wijayanti, I. A. H., & Seminari, N. K. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Handphone Blackberry dengan Merek sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen,2(6)
Published
2021-06-22
How to Cite
Maulidia, R., & Harti, H. (2021). PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1300-1306. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1300-1306
Section
Article
Abstract Views: 435
PDF Downloads: 852