PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA

  • Rika Maulidia Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh preferensi gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan purposive sampling teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel non probability sampling, dengan total 200 responden. Responden tersebut merupakan konsumen makanan fast food di kota Surabaya dan sudah melakukan pembelian secara berulang di berbagai merek makanan Fast food minimal tiga kali pembelian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa preferensi gaya hidup (X1) dan kelompok referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya (Y) dimana kontribusi preferensi gaya hidup dan kelompok referensi sebesar 24% sedangkan terdapat sisa 76% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek.

Published
2021-06-22
How to Cite
Maulidia, R., & Harti, H. (2021). PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1300-1306. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40584
Section
Article