PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP MANDIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena dunia bisnis yaitu kurangnya semangat entrepreneurship sejak dini. Maka dari itu telaah eksperimen ini berkeinginan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan sikap mandiri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa yang merintis usaha di Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasinya adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang merintis usaha. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 59 mahasiswa. Instrumen yang dipakai pada telaah eksperimen ini adalah angket berskala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Terdapat pengaruh yang signifikan sikap mandiri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci : Mahasiswa, Mandiri, Pengetahuan, Wirausaha
References
Astungkara, A., & Widayanti, R. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 257–265. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.725
Badan Pusat Statistik. (2019). No Title. https://www.bps.go.id/
Davey, T., Hannon, P., & Penaluna, A. (2016). Entrepreneurship education and the role of universities in entrepreneurship: Introduction to the special issue. Industry and Higher Education. Journal international, 30(3), 171-182. https://doi.org/10.1177/0950422216656699
Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/10003/6473
Isabel-Maria, Dkk. (2020). The Association Of Parental Interest In Entrepreneurship With The Entrepreneurial Interest Of Spanish Youth. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 17(2), 4744. https://doi:10.3390/ijerph17134744.
Jailani, M., Rusdarti, & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52–59. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/14701
Josia Sanchaya Hendrawan, H. S. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/8971/7517
Lestari, A., Hasiolan, A., & Minarsih, M. (2016). Pengaruh Sikap Mandiri, Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Para Remaja. Journal Of Management, 2(2), 1–14. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/download/509/495
Martyajuarlinda, P., & Kusumajanto, D. D. (2018). Effect of Entrepreneurship Education and Self Efficacy Towards the Intention of Entrepreneurship. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 142–152. https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p142
Mustofa, A. M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 DepokKabupaten Sleman. Yogyakarta: eprints UNY.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: PT Alfabet.
Yulianti, E. (2019). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha Secara Syari’Ah Di Institut Pertanian Bogor. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 85–104. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.1.85-104
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1420