PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA

  • Siti Winda Miftachul Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: harga, kepercayaan merek, keputusan pembelian, hand sanitizer dettol

Abstract

Penelitian berikut bertujuan guna mengetahui pengaruh harga dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian berikut berupa penelitian kuantitatif asosiatif guna melakukan pengukuran akan seberapakah jauhnya pengaruh antar variabel bebas yaitu harga dan kepercayaan merek, serta variabel terikat yakni keputusan pembelian. Sampel pada penelitian yakni 110 responden. Teknik pengumpulan data penelitian memanfaatkan kuesioner menggunakan skala likert 1-5 dengan jumlah 19 item pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden yakni konsumen yang telah melaksanakan pembelian online hand sanitizer Dettol minimal 1 kali melalui googleform. Teknik analisis data secara kuantitatif menerapkan statistik deskriptif, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasa variabel harga mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 5,405. Kepercayaan merek mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 2,032. Harga dan kepercayaan merek mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 19,434.
Kata kunci: Harga, kepercayaan merek, keputusan pembelian dan hand sanitizer Dettol.

References

Arista, D., & Astuti, S. R. T. (2011). Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen.Jurnal Ilmiah Aset,13(1), 37-45.

Cockrill, A., & Goode, M. M. (2010). Perceived Price And Price Decay In the DVD Market. The Journal Of Product And Brand Management. 367 -374.

Erna, Ferrinadewi. (2008). Merek & Psikologi Konsumen.Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Farochi, C., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Go-Jek.Aksara Public. 2(2), 63-72.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Giantari, I. G. A. K., Zain, D., Rahayu, M., & Solimun. (2013). The Role Of Perceived Behavioral Control and Trust as Mediator of Experience on Online Purchasing Intentions Relationship A Study on Youths in Denpasar City (Indonesia). International Journal ofBusiness and Management Invention. 2(1). 30–38.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).9(2).

Luthfia, W. E., & SRI, R. T. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kofisyop Tembalang(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Maima, K.R.. (2012). Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Sikap Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada CV.Mukti Manunggal Semarang). Diponegoro Business Review. 1(1). pp.1-7.

Philip dan Kevin Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pradana, D. A., & Handrito, R. P. (2013). Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Sony Xperia studi pada mahasiswa konsumen pengguna ponsel android merk sony xperia di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 2(2).

Puspita, R. C., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon.Jurnal Administrasi Bisnis. 7(1), 19-24.

Pratama, D. P., Nugraha, H. S., & Suryoko, S. (2014). Pengaruh Threat Emotions, Kepercayaan Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Actifit.Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,3(1), 63-72.

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuliana, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).5(6).
Published
2021-06-12
How to Cite
Khasanah, S., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1383-1389. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1383-1389
Section
Article
Abstract Views: 1453
PDF Downloads: 1856