PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA
Abstract
Penelitian berikut bertujuan guna mengetahui pengaruh harga dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian berikut berupa penelitian kuantitatif asosiatif guna melakukan pengukuran akan seberapakah jauhnya pengaruh antar variabel bebas yaitu harga dan kepercayaan merek, serta variabel terikat yakni keputusan pembelian. Sampel pada penelitian yakni 110 responden. Teknik pengumpulan data penelitian memanfaatkan kuesioner menggunakan skala likert 1-5 dengan jumlah 19 item pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden yakni konsumen yang telah melaksanakan pembelian online hand sanitizer Dettol minimal 1 kali melalui googleform. Teknik analisis data secara kuantitatif menerapkan statistik deskriptif, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasa variabel harga mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 5,405. Kepercayaan merek mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 2,032. Harga dan kepercayaan merek mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 19,434.
Kata kunci: Harga, kepercayaan merek, keputusan pembelian dan hand sanitizer Dettol.
References
Cockrill, A., & Goode, M. M. (2010). Perceived Price And Price Decay In the DVD Market. The Journal Of Product And Brand Management. 367 -374.
Erna, Ferrinadewi. (2008). Merek & Psikologi Konsumen.Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Farochi, C., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Go-Jek.Aksara Public. 2(2), 63-72.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Giantari, I. G. A. K., Zain, D., Rahayu, M., & Solimun. (2013). The Role Of Perceived Behavioral Control and Trust as Mediator of Experience on Online Purchasing Intentions Relationship A Study on Youths in Denpasar City (Indonesia). International Journal ofBusiness and Management Invention. 2(1). 30–38.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).9(2).
Luthfia, W. E., & SRI, R. T. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kofisyop Tembalang(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Maima, K.R.. (2012). Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Sikap Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada CV.Mukti Manunggal Semarang). Diponegoro Business Review. 1(1). pp.1-7.
Philip dan Kevin Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Pradana, D. A., & Handrito, R. P. (2013). Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Sony Xperia studi pada mahasiswa konsumen pengguna ponsel android merk sony xperia di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 2(2).
Puspita, R. C., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon.Jurnal Administrasi Bisnis. 7(1), 19-24.
Pratama, D. P., Nugraha, H. S., & Suryoko, S. (2014). Pengaruh Threat Emotions, Kepercayaan Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Actifit.Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,3(1), 63-72.
Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuliana, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).5(6).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1856