PENGARUH FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) PADA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI DISKON DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Lina Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1482-1491

Keywords:

kemudahan bertransaksi; e-commerce; keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee terkhusus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 2.950 mahasiswa dengan sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah sebanyak 97 mahasiswa pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sampel sebanyak 97 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikasi hasil dari analisis variabel diskon (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee bepengaruh positif, dan nilai signifikasi hasil dari variabel kemudahan bertransaksi (X2) juga memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee. Hasil penelitian menunjukan bahwa diskon dan kemudahan bertransaksi berpengaruh secara simultan terhadap kepuusan pembelian sebesar 53,7% dan 46,3% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.

Kata Kunci: kemudahan bertransaksi; e-commerce; keputusan pembelian 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Lestari, L. D., & Dwijayanti, R. (2022). PENGARUH FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) PADA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI DISKON DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1482–1491. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1482-1491

Issue

Section

Article
Abstract views: 3106 , PDF Downloads: 4620