PENGARUH FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) PADA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI DISKON DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Lina Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee terkhusus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 2.950 mahasiswa dengan sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah sebanyak 97 mahasiswa pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sampel sebanyak 97 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikasi hasil dari analisis variabel diskon (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee bepengaruh positif, dan nilai signifikasi hasil dari variabel kemudahan bertransaksi (X2) juga memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee. Hasil penelitian menunjukan bahwa diskon dan kemudahan bertransaksi berpengaruh secara simultan terhadap kepuusan pembelian sebesar 53,7% dan 46,3% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.

Kata Kunci: kemudahan bertransaksi; e-commerce; keputusan pembelian 

References

Adhitya, W. R. (2019). Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudahan dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating di Komplek Johor Indah Permai II Medan. JMB: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–11.https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/MdB/article/view/1609

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan TerhadapToko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Journal of Management, 5(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13857

Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Presepsi Manfaat dan Presepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Di Toko Online (Studi Empiris yang Dilaukan pada OLX.co.id di Yogyakarta). 147, 11–40.https://eprints.uny.ac.id/41480/

Ardyanto, Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 22(1), 85897.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/882/1065

Bernadi, J. (n.d.).(2013).Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg Yq. 9, 731–741.https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2504
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)Volume 9 No 3 Tahun 2021P-ISSN 2337-6078E-ISSN 2723-39011491

Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 155–163. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.idhttp://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2333

Eka, W., Aryani, L., & Rosali. (2020). Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak. 1, 764–779.https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/926

Hardiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online tokobagus.com ).Pengaruh Kepercayaan,Kemudahan,Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembeli Secara Online, 90.http://eprints.undip.ac.id/42236/1/325

Li, Y., & Yang, R. (2014). New Business Model for Company toWin the Competition. American Journal of Industrial and Business Management, 04(04), 190–198. https://doi.org/10.4236/ajibm.2014.44026

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (n.d.). (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. 1(4), 2336–2346.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/3490

Putra, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study Pada KonsumenYang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 184–193.https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/650

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi, 38(2), 184–193.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1525

Rafidah, I. (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–17.https://doi.org/10.30741/adv.v1i1.21

Shafinazh, N. (2020). Pengaruh Promo Shopee “ Tanggal-Tanggal Istimewa” Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. 1–100.http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27899

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. 5(1).https://doi.org/10.30741/adv.v1i1.21

Tamilselvi, J. (2019). Impact of Sale Promotıon Techniques on Consumers Impulse Buying Behaviour towards Apparels at Bangalore. 4(March), 116–124.https://www.researchgate.net/publication/331917332_Impact_of_Sale_Promotion_Techniques_on_Consumers'_Impulse_Buying_Behaviour_towards_Apparels_at_Bangalore

Xiaohui, G., Rong, G., JianYu, W., & Chongning, H. (2014). Key Technology of Distributed E-commerce System Architecture. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, 12(5), 3987–3993. https://doi.org/10.11591/telkomnika.v12i5.4346
Published
2022-01-29
How to Cite
Lestari, L., & Dwijayanti, R. (2022). PENGARUH FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) PADA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI DISKON DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1482-1491. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1482-1491
Section
Article
Abstract Views: 2588
PDF Downloads: 3853