PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP SMK NEGERI 1 BANGKALAN

  • Fitria Nur Imamah Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
Keywords: modul, scientific approach, komunikasi bisnis

Abstract

Penelitian pengembangan berikut mempunyai tujuan guna mengetahui proses pengembangan, kelayakan, serta respon peserta didik terhadap modul berbasis scientific approach. Penelitian berikut tergolong pada penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang memakai model 4D (Define, Design, Development dan Disseminate) oleh Thiagarajan 1974. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tebuka yakni memberikan hasil data kualitatif berwujud telaah ahli materi, ahli bahasa, serta ahli grafis. Sementara itu, angket tertutup memberikan hasil data kuantitatif berwujud validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis, serta uji coba terbatas serta uji coba lapangan. Hasil penelitian membuktikan 86% penilaian ahli materi, 87% penilaian ahli bahasa, 83% penilaian ahli grafis. Hasil persentase dari respon siswa terhadap uji coba terbatas dengan kisaran 92,6%, serta uji coba lapangan pada kisaran 95,5%. dan bisa dibuat kesimpulan bahwasanya modul berbasis scientific approach pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X BDP SMK Negeri 1 Bangkalan mendapatkan kategori “sangat layak” dipakai selaku bahan ajar.
Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Komunikasi Bisnis.

References

Ahmed et al., (2020). Prevalence of depression during the COVID-19 outbreak: A meta-analysis of community-based studies.Hal.1.

Amri dan Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No. 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Munawaroh, Lailatul dan Rochmawati. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Scientific ApproachMata Pelajaran Komputer Akuntansi Myob Perusahaan Manufaktur Kelas XII Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).Vol. 4. No. 3. Hal. 2.

Evi & Rochmawati. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Scientific ApproachMata Pelajaran Komputer Akuntansi Myob Perusahaan Manufaktur Kelas XII Akuntansi.Jurnal Pendidikan Akuntansi (Universitas Negeri Surabaya).Hal 1-6.

Hidayah dan Nasrudin (2015). Development of Student Worksheet With Scientific Approach Oriented to Practice Problem Solving Skill on Reaction Rate Topic. Vol. 4. No.1.

Ikhsan dkk., (2016). The Development of Student Worksheet Using Scientific Approach On Curriculum Materials. Vol 4. No.2.

Mita Khurohmah, dkk.(2016).Pengembangan Modul Dalam Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Berdasarkan Kurikulum 2013.Jurnal Manajemen (Universitas Negeri Malang).Hal. 140.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.Pedoman Umum Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: BSNP.

Permendikbud RI No. 60. (2014). Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

SiahaanMarissadkk., (2017). Development of Student Activity Sheet (Worksheet) Based on Guided Inquiry to Improve Student’s Critical Thinking Skillsin Senior High School”. Vol.8. No.20.

Yunieka Putri, (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Denganpendekatan Saintifik. Jurnal fisika, FMIPA. (Universitas Negeri Jakarta).Vol.4.
Published
2021-06-12
How to Cite
Imamah, F., & Saino, S. (2021). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP SMK NEGERI 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1390-1396. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1390-1396
Section
Article
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 79