PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI GRAB (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI GRAB FITUR GRABFOOD)

  • Eggie Nurvitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: persepsi kemudahan; fitur layanan; kepercayaan; minat menggunakan.

Abstrak

Perkembangan teknologi kini sangat berkembang pesat, adanya jasa layanan pengiriman makanan online GrabFood dari penyedia jasa transportasi online Grab kini memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat. GrabFood menjadi salah satu layanan pengiriman makanan online yang paling banyak digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, fitur layanan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan pada pengguna aplikasi Grab fitur GrabFood. Populasi pengguna aplikasi Grab fitur GrabFood di Sidoarjo dengan jumlah 176 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan googleform. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu persepsi kemudahan, fitur layanan dan kepercayaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi Grab fitur GrabFood. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi para peneliti selanjutnya yang berhubungan dalam riset pemasaran.

Kata Kunci: persepsi kemudahan; fitur layanan; kepercayaan; minat menggunakan.

Referensi

Agustina, H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen Kinerja, 3(1), 24–29.

AMBARWATI, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa Stie AubSurakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 88–103.

Antaranews.com. (2021). Layanan pesan-antar makanan meroket 183 persen.https://www.antaranews.com/berita/1972485/layanan-pesan-antar-makanan-meroket-183-persen. Diakses jam 09:29 tanggal 25 Februari 2021.

Aulia, N., & Suryanawa, I. K. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 28(2302–8556), 1749–1766.

Databoks. (2020). Grab dan Gojek, Layanan Transportasi Online Paling Populer di Masyarakat. Databoks Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab-dan-gojek-layanan-transportasi-online-paling-sering-digunakan-masyarakat. Diakses jam 09:40 tanggal 25 Februari 2021.

Fahmy, M., & Azhari, M. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, persepsi Kegunaan, dan Persepsi Resiko terhadap Niat Berperilaku Konsumen dalam Menggunakan Fitur Go-Pay di Bandung. 7(1), 454–459. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/arti.

Grab. (2021). GrabFood. http://www.grab.com. Diakses jam 19:30 tanggal 26 Februari 2021.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition.(7th ed.). https://id.scribd.com/document/360016872/Hair-et-al-2010-pdf#download.

Keni, K., Tjoe, H., Wilson, N., & Negara, E. S. (2020). The Effect of Perceived Security , Ease of Use and Perceived Usefulness on Intention to Use Towards Mobile Payment Services in Indonesia. 478(Ticash), 78–84. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934

Latifah, S. W., & Khomariyah, H. (2020). Ease Of Use, Service Features and Information Security Risks Against Interest In Transactions Financial Technology During The Covid-19 Pandemic. 10(3), 572–583. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jrak.

Rodiah, S., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66–80. file:///C:/Users/user/Documents/1293-301-6406-1-10-20201226.pdf

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syafitri. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (FINTECH) pada Aplikasi OVO (Studi kasus pada Mahasiswa FEB UPGRIS Angkatan 2016-2019). 1008–1035.

Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan dan Keamanan terhadap Niat Menggunakan E-Money. 113–119.
Diterbitkan
2022-01-19
Bagian
Article
Abstract Views: 2182
PDF Downloads: 2646