PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Fitri Mawardani Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463

Keywords:

perceived ease of use, cashback promotion, interest in use

Abstract

Peningkatan pengguna Financial technology (fintech) semakin meningkat tiap tahun di Indonesia. Beberapa tahun ini Financial technology (fintech) yang paling banyak digunakan yaitu dompet digital ShopeePay. Kemudahan dan juga promosi menjadi salah satu daya tarik konsumen yang dapat mempengaruhi minat menggunakan suatu sistem. Kemudahan penggunaan suatu sistem didasari oleh rasa percaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet digital ShopeePay. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi yakni 1082 mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel menggunakan 92 orang responden dengan menyebar kuesioner secara online yang berupa google formulir. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian tersebut diketahui persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan. Adanya penelitian ini diharap akan memberikan suatu referensi bagi peneliti selanjutnya dan para penggiat usaha dalam ekonomi digital di bidang pemasaran.

Kata Kunci : Persepsi Kemudahan Penggunaan;Promosi Cashback; Minat Menggunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463

Issue

Section

Article
Abstract views: 6928 , PDF Downloads: 8539