PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463Keywords:
perceived ease of use, cashback promotion, interest in useAbstract
Peningkatan pengguna Financial technology (fintech) semakin meningkat tiap tahun di Indonesia. Beberapa tahun ini Financial technology (fintech) yang paling banyak digunakan yaitu dompet digital ShopeePay. Kemudahan dan juga promosi menjadi salah satu daya tarik konsumen yang dapat mempengaruhi minat menggunakan suatu sistem. Kemudahan penggunaan suatu sistem didasari oleh rasa percaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet digital ShopeePay. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi yakni 1082 mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel menggunakan 92 orang responden dengan menyebar kuesioner secara online yang berupa google formulir. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian tersebut diketahui persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan. Adanya penelitian ini diharap akan memberikan suatu referensi bagi peneliti selanjutnya dan para penggiat usaha dalam ekonomi digital di bidang pemasaran.
Kata Kunci : Persepsi Kemudahan Penggunaan;Promosi Cashback; Minat Menggunakan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.