PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN SE’I SAPIKU SURABAYA

  • Meilawati Indra Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: gaya hidup, harga, influencer, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat menganalisa gaya hidup, harga dan influencer yang membeli seacara langsung di gerai rumah makan Se’i Sapiku Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yang memakai analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampelnya dengan memanfaatkan nonprobability sampling dan pengambilan data memakai purposive sampling. Dalam penelitian ini memerlukan sebanyak 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan konsumen yang sedang berkunjung dan membeli produk di rumah makan Se’i Sapiku Surabaya sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel gaya hidup (X1) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel gaya hidup (X1), variabel harga (X2), dan variabel influencer (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan R-Square Adjusted yang dihasilkan sebanyak 82,8% dan sisanya 17,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Amalia, A. C., & Putri, G. S. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social MediaTerhadapKeputusanPembelianKonsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59.

Anderson, E. . (2005). Semua Orang Makan Pemahaman Makanan dan Kultur.

Azevedo, G. . do C., Oliveira, J. da S., Marques, R. P. ., & Ferreira, A. da C. S. (2018). Handbook of Research on Modernization and Accountability in Public Sector Management. In Handbook of Research on Modernization and Accountability in Public Sector Management.

Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisispengaruhbrand Trust, E-Wom, Dan Social Media Influencerterhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 1351–1363.

Kotler, P.,Keller, & Kevin. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran(13th ed.). Erlangga.

Mandey. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Analisis, 6(1), 92–100.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Erlangga.

Mufidah, N. L. (2012). Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan:Studi Deskriptif PemanfaatanFoodcourtoleh Keluarga. 157–178.

Nandan, L., & Togi, P. P. (2017). Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Mintra Wacana Media.

Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Administrasi Bisnis, 5(1), 3–70.

Sapiku, S. (2020). Se’i Sapiku Indonesia.( https://seisapikuindonesia.com/. Diaksespada tanggal 25 Mei 2021)

Simbolon, O. (2018). Skripsi Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Mcdonald’s Jl.Ringroad Medan). Manajemen Pemasaran.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D(27th ed.). ALFABETA.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. AndiOffset.

Wiliana, E., Purnaningsih, N., & Muksin, N. H. (2020). Pengaruh Influencerdan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng di Serpong. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 2, 222–230.
Published
2021-07-15
How to Cite
Pratiwi, M., & Patrikha, F. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN SE’I SAPIKU SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417-1427. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1417-1427
Section
Article
Abstract Views: 1658
PDF Downloads: 2124