PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN MENATA PRODUK DI SMK NEGERI 1 PONOROGO

  • Silvia Renyka Sanjaya Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: teknologi, e-book, google classroom

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi membawa manfaat terhadap segala aspek kehidupan terutama dalam bidang pengetahuan. Di dalam aplikasi Google Classroom guru dapat memberikan informasi berupa E-Book yang bisa diunduh oleh siswa itu sendiri, tugas untuk siswa, serta guru bisa memberikan penilaian yang dapat dilakukan secara on-line. Dengan adanya E-Book dan Google Classroom akan memudahkan siswa dalam belajar dan tidak perlu mewajibkan siswa membawa buku paket ataupun LKS ke sekolah. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Menggunakan penelitian pengembangan 4D Thiagarajan yang dibatasi sampai pada development dikarenakan keterbatasan waktu dan tempat. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan dari ahli media, serta respon peserta didik media pembelajaran E-Book dan Google Classroom layak dan dapat digunakan untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran.
Kata Kunci : Teknologi, E-Book, Google Classroom.

References

Arda, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VII. E-Jurnal Mitra Sains, 3, 69-77. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/153834-ID-pengembangan-media-pembelajaran-interakt.pdf.ISSN: 2302-2027.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How?.Journal Of Education And Social Sciences, 3. Retrieved from https://www.jesoc.com/wp-content/uploads/2016/03/KC3_35.pdf. ISSN: 2289-9855.

Ginting, Abdorrakhman. (2010). Esensi Praktis; Belajar dan Pembelajaran, Disiapkan Untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen.Bandung: Humaniora.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran dan Instrumen.Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Siregar, Eveline, & Hartini, d. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

Sofie, E. (2016). Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Tanhzim Jurnal Peneltian Manajemen Pendidikan, 1(3). Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/32.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D).Bandung: Alfabeta.

Widya, A., & Abidah, S. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. 1(3). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/4034/2015.
Published
2021-07-15
How to Cite
Sanjaya, S., & Patrikha, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN MENATA PRODUK DI SMK NEGERI 1 PONOROGO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1439-1446. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1439-1446
Section
Article
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 196