PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN MENATA PRODUK DI SMK NEGERI 1 PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1439-1446Keywords:
teknologi, e-book, google classroomAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi membawa manfaat terhadap segala aspek kehidupan terutama dalam bidang pengetahuan. Di dalam aplikasi Google Classroom guru dapat memberikan informasi berupa E-Book yang bisa diunduh oleh siswa itu sendiri, tugas untuk siswa, serta guru bisa memberikan penilaian yang dapat dilakukan secara on-line. Dengan adanya E-Book dan Google Classroom akan memudahkan siswa dalam belajar dan tidak perlu mewajibkan siswa membawa buku paket ataupun LKS ke sekolah. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Menggunakan penelitian pengembangan 4D Thiagarajan yang dibatasi sampai pada development dikarenakan keterbatasan waktu dan tempat. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan dari ahli media, serta respon peserta didik media pembelajaran E-Book dan Google Classroom layak dan dapat digunakan untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran.
Kata Kunci : Teknologi, E-Book, Google Classroom.
Downloads
References
Arda, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VII. E-Jurnal Mitra Sains, 3, 69-77. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/153834-ID-pengembangan-media-pembelajaran-interakt.pdf.ISSN: 2302-2027.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How?.Journal Of Education And Social Sciences, 3. Retrieved from https://www.jesoc.com/wp-content/uploads/2016/03/KC3_35.pdf. ISSN: 2289-9855.
Ginting, Abdorrakhman. (2010). Esensi Praktis; Belajar dan Pembelajaran, Disiapkan Untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen.Bandung: Humaniora.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran dan Instrumen.Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Siregar, Eveline, & Hartini, d. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sofie, E. (2016). Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Tanhzim Jurnal Peneltian Manajemen Pendidikan, 1(3). Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/32.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D).Bandung: Alfabeta.
Widya, A., & Abidah, S. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. 1(3). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/4034/2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.