PENGARUH INTRINSIC MOTIVATION DAN LEARNING OUTCOMES TERHADAP STUDENT BUSINESS ONLINE INTEREST PROGRAM STUDI BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • Siti Khoirun Annissa Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: intrinsic motivation, learning outcomes, student business online interest

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intrinsic motivation dan learning outcomes terhadap student business online interest program studi bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 68 siswa. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan secara online menggunakan Google Forms yang dibagikan kepada siswa kelas XI program studi Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Surabaya. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh variabel intrinsic motivation (X1) terhadap variabel student business online interest (Y) dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan adanya pengaruh variabel learning outcomes (X2) terhadap variabel student business online interest (Y) dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Secara simultan, intrinsic motivation (X1) dan learning outcomes (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap student business online interest dengan nilai 0,003 < 0,05.
Kata Kunci: intrinsic motivation, learning outcomes, student business online interest

References

Aliyyah, R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E., &Febiantina, S. (2021). UpayaMeningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. April.

Anderi, N. (2018). Pengaruh Kemandirian Pribadi, Motivasi dan PengetahuanKewirausahaanterhadap Minat Memulai Usaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan BisnisIslam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Andriyani, S., Utomo, S., & Wihartanti,L. (2021). Pengaruh Motivasi, GayaBelajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar di SMKN 1 Geger. 3, 66–81.

Fachraini, S. (2020). An Analysis Of Students’ Motivation In Studying English (A Survey Study at UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Happy, M., & Sulistyowati, R. (2021).PemanfaatanMedia Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xii Bdp Di Smk Negeri 1 Surabaya. 9(2), 1209–1215.

Hidayati, S., & Ermiyanto, A. (2017). Analisis faktor motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik pengaruhnya terhadapkinerjakaryawan dengan kepuasan kerjasebagai mediasi. VII(1), 18–30.

Hurlock. (1990). Perkembangan Anak.Jakarta:Erlangga.

Hutari, T., Ernawati, & Idrus, Y. (2020). Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Alumni Program Studi Tata Busana Jurusan Kesejahteraan Keluarga FakultasTeknik Universitas Negeri Padang. 7(2),670–677.

KBBI. (2021). KBBI Daring-bisnis.

Kemendikbud. (2020). Mencermati Kembali Anomali Angka Pengangguran SMK di Indonesia. https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4770/mencermati-kembali-anomali-angka-pengangguran-smk-di-indonesia

Kurniawan, I. S. (2018).Analisis Pengaruh PenggunaanInstagram, Pengalaman Praktik Kewirausahaan, Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Online. 15(2), 135–146.

Lisdayanti, Sumarno, & Syabrus, H. (2021). Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (Pkk) DanEfikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri 2 Pekanbaru. 9(1), 44–54.

Mediatrix, M., & Sari, R. (2017). Pengaruh Motivasi Internal danMotivasi Eksternal Terhadap MinatBerwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Non Reguler.E-Jurnal AkuntansiUniversitas Udayana, 20,758–787.

Permendikbud. (2018). Permendikbud No. 34/2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Bewirausaha Mahasiswa. 18, 35–46.

Ro’idah, S., & Faozi, M. (2017). Analisis Minat Berwirausaha Dikalangan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2017.

Salwa, S., Bisri, H., & Mulyana,A. (2017). Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Hasil Belajar Peserta Didik Entrepreneurship Interest In Terms of Student Learning Outcomes. Tadbir Muwahhid, 1(April), 1–12.

Sardiman. (2018).Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Studies, V., Siregar, M., Nasution,S. A., Indonesia, U. P., & Indonesia,U. P. (2020). Online Bussiness Interest Factor Analysis for Students. 2(11), 942–946.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya(1st ed.). Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Sulistyowati, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Sikap Kewirausahaan SiswaSmk Negeri DiSurabaya. JurnalEkonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 85. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p85-102

Sulistyowati, R. (2021). The Effectiveness of the Business Incubator and Entrepreneurial Education in Interest to Start a Business inVocational School StudentsMajoring in Marketing. 2(1), 29–40.

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yohana, C. (2021). Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. 89–102.

Yunus, S. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa STIM Pase Langsa. 4(1), 11–20.

Zulkarnain, M. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Sektor Makanan dan Minuman. 7(2),192–200.

Zunaedy, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRILumajang Tahun Akademik 2020 / 2021. 47–59.1454
Published
2021-07-15
How to Cite
Annissa, S., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH INTRINSIC MOTIVATION DAN LEARNING OUTCOMES TERHADAP STUDENT BUSINESS ONLINE INTEREST PROGRAM STUDI BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1447-1454. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1447-1454
Section
Article
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 61