PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DISKUSI KOPI KAFE GRESIK

Authors

  • Moh. Akhsanus Tsalatsa Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1464-1471

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Diskusi Kafe Gresik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni non probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni interprestasi SEM dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Objek yang menjadi responden penelitian ini yakni konsumen Diskusi Kafe Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signfikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,043. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepuasan pelanggan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,032. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,043. Dengan nilai Adjusted R Square 0,211 yang berarti sebesar 21,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammerinda, Tirra. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas pelangganpada Klinik Kecantikan Nadindra di Bandar Lampung

Caruana, A. (2002). Service Loyalty The Effects of Service Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction. European Journal of Marketing, 36

Dwi aryani dan febrina rosinta (2010) , pengaruh kualitas pelayananterhadap Kepuasan Pelanggan alam Membentuk Loyalitas Pelanggan , program studi ilmu administrasi departemen FISIP, Universitas Indonesia. Volume 17, nomor 2

Drucker, Peter. F. (1999). Manajemen: Tugas, Tanggung Jawab dan Praktek, Jakarta: PT Gramedia

Dyche. Jill. (2002). The CRM Handbook: A Business Guide to Customer Relationship Management. Boston: Addison-Wesley.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program (IBM.SPSS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, Deny dan Japrianto Edwin. (2013). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran por kee surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, VOL. 1, No. 2, (2013) 1-8. Universitas Kristen Petra.

Kotler, P., Keller, danKevin. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tinamora, L. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Barbershop Di Karawaci, Tangerang. Manajemen Pemasaran.

Tjiptono, F. (2015). StrategiPemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Widjoyo, Shandy. (2014). Pengaruh Kualitas pelayanandan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Tsalatsa, M. A., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DISKUSI KOPI KAFE GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1464–1471. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1464-1471

Issue

Section

Article
Abstract views: 599 , PDF Downloads: 1391