PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND LOVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE NATURE REPUBLIC DI TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Abstract
Penggunaan skincare semakin marak disertai keinginan untuk memiliki penampilan menarik menjadi salah satu sebab industri skincare berkembang. Fakta itu dapat dilihat dari banyaknya store produk skincare tersebar di Tunjungan Plaza Surabaya, salah satunya skincare Nature Republic asal Korea Selatan yang berbahan dasar dari aloevera. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mencari tahu pengaruh country of origin dan brand love terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di Tunjungan Plaza Surabaya dengan memiliki sampel yang dipakai sebanyak 96 orang yang memiliki kreiteria sebagai konsumen took Nature Republic dengan rentang usia 17 sampai 50 tahun dengan pengambilan sampel memakai teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan observasi dan angket. Analisis regresi linier berganda dipakai untuk Teknik analisis data dengan software SPSS. Hasil yang didapat pada penelitian menunjukkan fakta bahwa country of origin memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2.739, brand love memiliki pengaruh secara signifikan pada keputusan pembelian sebesar 5.161, dan hasil akhir menunjukkan pengaruh yang simultan dari country of origin dan brand love memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 48,3%
Kata Kunci: country of origin; brand love; keputusan pembelianReferences
Anggraeni, A. (2015). Pengaruh Brand Love, Brand Personality, dan Brand Image Terhadap Word Of Mouth Pada Fashion Anak Muda Di Jakarta. Jptn, 4(2), 203-211.http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Apriliani, E. (2016). Analisis Peran Media Dalam Mempengaruhi Remaja Wanita Usia 20-an Dalam Menggunakan Make-up Korean Style Di DKI Jakarta.http://lib.unj.ac.id/tugasakhir. Diakses tanggal 08 Januari 2021
Basu, S. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE UGM.
Batra, R., Ahuvia, A., & Bagozz, R. (2012). brand love. Journal of Marketing, 76(0), 1–16.DOI:10.1509/jm.09.0339
Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket bioskop melalui aplikasi tix id (studi pada pengguna aplikasi tix id di surabaya). Jptn, 9(1), 1055–1061.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36029/0
Eva, N. (2019). Pengaruh Country Of Origin Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Bell Ulang Smartphone Oppo Di Megacell Padjajaran Bandung (Survey Pada Konsurnen Megacell Padjajaran Bandung). Universitas Padjajaran Bandung, 7(4), 603–618. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1843/
Gurhan, Z., & Maheswaran, D. (2000). Determinants of Country-of-origin evaluation. Journal of Consumer Research, 27(1), 96.https://doi.org/10.1086/314311
HABIR, H., ZAHARA, Z., & FARID. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO, 4(3), 211–218.DOI: https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.123
Hisyam, & Maftukhah. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love Terhadap Purchase
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)Volume 10 No 1 Tahun 2022P-ISSN 2337-6078E-ISSN 2723-39011590Decision Melalui Word Of Mouth. Management Analysis Journal, 6(4), 377–387.DOI:http://dx.doi.org/10.33474/jimmu.v5i2.8851
Ismail, A. R., & Spinelli, G. (2012). Effects of brand love, personality and image on word of mouth The case of fashion brands among young consumers. Journal of Fashion Marketing and Management, 16(4), 386–398.DOI:10.1108/13612021211265791
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran 1(edisi keti). Erlangga.
Listiana, E. (2012). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Perceived Quality dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Management Analysis Journal, 5(3), 277–287.DOI: https://doi.org/10.26593/jab.v8i1.419.%25p
Pertiwi, B., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAOS LOKAL KERJODALU. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Unesa, 9(3), 1376–1382.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332
Purwitasari, T. (2018). Pengaruh Merek dan Negara Asal (Country Of Origin) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Oppo atau Samsung Di Fakultas Ilmu Adminstrasi Angkatan Tahun 2013 / 2015. Universitas Brawijaya, 9(3), 1570–1578.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2552
Satria, A., & Suharyono. (2016). Pengaruh Country Of Origin dan Price Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Xiaomi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina. Jurnal Inovasi Managemen, 9(2), 412–422.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1624
Walker, H. (2001). The Measurement of Word-of-Mouth Communication and an Investigation of Service Quality and Customer Commitment As Potential Antecedents. Marketing, 4(1), 60–75.https://doi.org/10.1177/109467050141006
Copyright (c) 2021 salma ananda tiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

