ANALISIS KEPUTUSAN MAHASISWA PAPUA MEMILIH BERKULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1537-1544Keywords:
mahasiswa Papua; perilaku konsumen; keputusan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan guna menjabarkan serta mengetahui keputusan mahasiswa Papua memilih berkuliah di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sampling dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara gabungan (tertutup dan terbuka) dengan bantuan aplikasi whatApp dan google form dengan jumlah responden sebanyak 50 orang mahasiswa Papua dan 20 orang mahasiswa papua menjadi sampel, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat dua pandangan yang mempengaruhi keputusan mahasiswa papua dalam memilih berkuliah di Universitas Negeri Surabaya sebagai tempat untuk menuntut ilmu yaitu internal dan eksternal. internal merupakan pihak keluarga, 86,4% atau dari 20 sampel 19 mahasiswa papua mengatakan bahwa keputusan yang mereka ambil dengan keluarga kemudian eksternal yaitu program beasiswa afirmasi dari pemerintah, 63,6% atau dari 20 sampel 14 mahasiswa papua mengatakan karena mereka mendapatkan beasiswa afirmasi.
Kata Kunci: mahasiswa Papua; perilaku konsumen; keputusan konsumen
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

