PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PEMBELI AKSESORIS HANDPHONE DI SHOPEE)

  • Daniel Setyo Adi Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening studi pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNESA pembeli aksesoris handphone di Shopee. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa angkatan 2017-2019 Jurusan Pendidikan Ekononomi Universitas Negeri Surabaya sebanyak 815 mahasiswa dan sampel yang digunakan berjumlah 110 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni kuesioner serta dianalisis dengan analisis jalur. Hasil dalam penelitian menunjukkan viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 5,410. Viral marketing berpengaruh terhadap kepercayaan konsumendengan nilai sebesar 6,706. Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 2,227. Sedangkan kepercayaan konsumen tidak mampu memediasi viral marketingterhadap keputusan pembelian dengan nilai Z sebesar 1,436 . Penelitian ini dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai referensi dalam melakukan kegiatan pembelajaran serta pengembangan penelitian selanjutnya
Kata Kunci: kepercayaan konsumen; keputusan pembelian; viral marketing

References

Aprillio, R. G., Widodo, A. (2020). TheEffect ofViral MarketingonPurchaseDecisionWithCustomer Trustas InterveningVariable. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 2, 157-163.

Asosiasi Digital Marketing Indonesia. (2020, Februari 7). DIGIMIND. Dipetik Februari 26, 2021, dari 10 kategori produk terlaris Shopee: https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/

Devita, V. D. (2020, Mei 13). Prilaku Berbelanja Online di Indonesia Saat Ramadan 2020. Dipetik Februari 26, 2021, dari iprice: https://iprice.co.id/trend/insights/prilaku-berbelanja-online-di-indonesia-saat-ramadan-2020/

Hamdani, M. Y., Mawardi, M. K. (2018).Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 60 No.1, 163-171.

Khoirinnisa, E., Gumilar, I., & Nurhayati, A. (2016). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kaki Naga (Studi Kasus di CV. Bening Jati Anugrah, Kabupaten Bogor). Jurnal Perikanan KelautanVol. VII No. 1, 66-74.

Muliajaya, I. M., Sujana, I. N., Indrayani, Luh. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2, 628-636.

Nggilu, M., Tumbel, A.,Djemly, W. (2019).Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA Vol.7 No.3, 2691 –2700.

Putri, S. S. A., Rachma, N., Rahman, F. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai
Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2016 Pembeli Accessories Gadged Di Tokopedia). Jurnal Riset Manajemen, 47-61.

Sandy, K., Thoyib, S., & Christianingrum. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram. Holistic Journal of Management Research Volume 1 No.1, 17-27

Setiawan, R. A. (2020). Pengaruh Individu Konsumen , Lingkungan Konsumen dan Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik pada Online Marketplacedi Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 639-645.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI Vol. 4 No. 1, 38-51.

Suciati, Y., & Moeliono, N. N. (2021).Pengaruh Viral Marketingterhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng melalui Sosial Media Instagram di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 6 No. 1, 165-177.

Sukawati. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Internet Di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 190-200.

Susilowati, R., Pangestut, E., Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Viral Marketingterhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian(Survei Online pada Konsumen King Mango yang Merupakan Followers Akun Instagram @Kingmangosurabaya). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 66 No. 1, 1-9.

Widjaja, Y. R., & Alexandra, R. (2019). The Impact of Viral Marketing on Consumer Interest on Indihome Product. Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 7 No.1, 103-107.

Wijaya, E., Saparso. (2019). Kepercayaan sebagai Variabel Intervening Pengaruh antara Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Tokopedia.com). JURNAL MANAJEMEN BISNIS VOL. 14 NO. 2, 171-184
Published
2021-08-13
How to Cite
Santoso, D., & Dwijayanti, R. (2021). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PEMBELI AKSESORIS HANDPHONE DI SHOPEE). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1545-1553. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1545-1553
Section
Article
Abstract Views: 1851
PDF Downloads: 2465