PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • Rahmania Ikhlasul Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian berikut adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing bagi sisiwa kelas X (2) Mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X (3) Mengetahui tingkat keefetivan media Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D modifikasi S.. Thiagarajan, dkk. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Developt (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi para ahli dan intrumen wawancara yang digunaan untuk mendapatkan data kevalidan di lapangan, intrumen guna menguji keefektifan yang dipakai berbentuk lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran.
Kata Kunci: booklet; hybrid learning; media pembelajaran; menganalisis pasar

References

Ahmad, Z. A. (2012). Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasi.Yogyakarta: Pedagogia.

Arsyad, A.. (2017). Media Pembelajaran.Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasardan Menengah (2017). KI dan KD Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Ombak.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Madcoms. (2012). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Pengertian Media OnlineSecara Umum, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, Dan Contoh. Diperoleh pada 12 Januari 2020. Dari http://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-media-online.html

Pralisaputri, K. R., Hibertus,S., dan Chatarina,M.(2016). Pengembangan MediaBooklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk kelas X SMA. Jurnal Geoeco. Vol 2, No. 2

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel -variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan.Jakarta: PT Rajagrafindo Pesada.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Silberman, Mel. (2012). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (research and development / R&D).Bandung: CV Alfabeta.

Sutrisno. (2011). Dalam Pengantar Pembelajaran Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Gaung Persada.
Published
2021-08-30
How to Cite
Amalia, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1564-1572. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1564-1572
Section
Article
Abstract Views: 394
PDF Downloads: 409