PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • Rahmania Ikhlasul Amalia Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian berikut adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing bagi sisiwa kelas X (2) Mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X (3) Mengetahui tingkat keefetivan media Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D modifikasi S.. Thiagarajan, dkk. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Developt (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi para ahli dan intrumen wawancara yang digunaan untuk mendapatkan data kevalidan di lapangan, intrumen guna menguji keefektifan yang dipakai berbentuk lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran.
Kata Kunci: Booklet; Hybrid Learning; Media Pembelajaran; Menganalisis Pasar

Published
2021-08-30
How to Cite
Amalia, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1564-1572. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42781
Section
Article
Abstract View: 227
PDF Download: 259