PENGARUH ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA PEMBELIAN ELEKTRONIK DI MARKETPLACE SHOPEE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh online customer experiencesterhadap pembelian dengan kepercayaan sebagai intervening (studi pada pembelian elektronik di Shopee). Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah 110 responden pengguna Shopee yang pernah membeli produk elektronik.Alat analisis yang digunakan adalah alat bantu SPSS 26 for Mac dengan pendekatan analisis jalur. Sumber data penelitian menggunakan data primer yang berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Didapat hasil penelitian yaituOnline Customer Experiences mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan, Online Customer Experiences mempengaruhi kepercayaan secara signifikan, namun kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian secara non signifikan.
Kata Kunci: online customer experiences; kepercayaan; keputusan pembelian
References
Firmansyah, Muhammad dan Imoroatul Khasanah. Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Periferal Melalui Kepuasan Konsumen Pada Minat Mereferensikan (Studi Pada Bus Transjakarta Koridor I. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, Volume 5, Nomor 4
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19.Semarang: UniversitasDiponegoro. Diakses pada tanggal 26 februari 2021
Ramadhiani, A. (2018, 25 Februari). Ini 10 Kota Termacet di Indonesia. Kompas.com. Diperoleh tanggal 22 Februari 2019
Mahendrayani, Ni Wayan Ita. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Lion Air Di Bandara Juanda Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 3
Panjaitan, Januar Efendi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung.DeReMaJurnalManajemenVol.11No.2
Pramana, I Gede Yogi dan Rastini, Ni Made. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran DenpasarBali.EJurnalManajemenUnud,Vol.5,No.1
Saputra, Wimar Dika. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Bus Rapid Trans Semarang. Dokumen Karya Ilmiah.
Sarwono, Jonathan. 2012. Path Analisis dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi,
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 10 No 1 Tahun 2022P-ISSN 2337-6078 E-ISSN 2723-39011618Tesis dan Disertasi. Jakarta : PTGramedia.
Setiawan, Heri dan Minarsih, Maria Magdalena dan Fathoni,Aziz. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan). Journal Of Management, Volume 2 No.2
Setiawan, Ivan Aries dan Ritonga, Ferdiansyah. 2011. Analisis Jalur (Path Analysis) Dengan Menggunakan Program AMOS. Tangerang : Suluh Media.
Sobel,M.E.1982. Asymptotic confidence intervals for indirect effects in structural equation models. Sociological Methodology. 13 (1),290-321
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Shen, chiou Jyh, and Droge Cornelia. 2006. Service Quality, Trust, Specific Asset Investment ,and Expertise : Direct and Indirect Effect in a Satisfaction -Loyalty Framework. Journal of the Academy of Marketing Scienc Volume 34, No. 4
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya : UNESA Press.
Amit,R.,andC.Zott.(2001).Value Creationin E-Business. Strategic Management Journal.Vol.22,No6
Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The Effect of Word of Mouth on Sales: OnlineBookReviews.JournalofMarketingResearch:Vol.43,No.3,345-354.
Dellarocas, C. (2003). The Digitization of Word of Mouth: Promise and Challenges of Online Feedback Mechanisms. Management Science, 49 (10), 1407-1424.
Dellarocas, C. (2006). Strategic manipulation of internet opinion forums: implications for consumers and firms. Management Science, 52 (10),
Copyright (c) 2021 Mohammad Washiful Azmi, Finisica Dwijayati Patrikha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

