PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TELUR ASIN DI UMKM MARDLOTILLAH SALTY EGGS LAMONGAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan dengan minat beli sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel berjumlah 110 responden yang membeli produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merk terhadap keputusan pembelian produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan dengan nilai pengaruh sebesar 0,097 dan nilai signifikansi sebesar 0,007. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merk terhadap minat beli produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan dengan nilai pengaruh sebesar 0,257 dan nilai signifikansi sebesar 0,007. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat beli terhadap keputusan pembelian produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan dengan nilai pengaruh sebesar 0,906 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merk terhadap keputusan pembelian produk telur asin UMKM Mardlotillah salty eggs Lamongan dengan minat beli sebagai variabel intervening berpengaruh sebesar 0,232.
Kata Kunci: citra merk; keputusan pembelian; minat beli.
References
Chika. (2019). Pengaruh Citra merk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan Warung Sidik Kota Batu). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.5(6): 5.
Cindy. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis. 9(3): 5.
Dewi. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Smartphone melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis. 7(4): 11-12.
1649
Ebang & Sulistyowati. (2021). Pengaruh Marketing Mix dan Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Masker pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 9(3): 1.
Hasan & Ali. (2011). Manajemen Bisnis Syari’ah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husni. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Bandeng “Bresto” di Ud. Arshaindo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga.6(4): 7.
Indah & Kamilia. (2018). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Honda Scoopy dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.4(7): 7.
Kojongian. (2019). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Iklan, dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Smartphone Xiaomi Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 7(4): 12.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mowen dkk. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Mulyansyah & Sulistyowati. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 9(1): 2.
Nanda. (2019). Pengaruh Citra Merk terhadap Perilaku E-wom dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Potensial Kosmetik Merk Make Over). Jurnal Universitas Negeri Malang.7(9): 8.
Rangkuti & Freddy. (2008). The Power Of Brands. Jakarta: Erlangga.
Sallam. (2016). The Impact of Brand Image and Corporate Branding on Consumers Choice: The Role of Brand Equity. 8(1): 2.
Schiffman & Kanuk. (2012). Consumer Behavior.New Jersey:Pearson Prentice Hal
Stanton dkk. (2001). Prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga.
Tjiptono & Fandy. (2011). Manajemen & Strategi Merek. Andi. Yogyakarta.
Zhang. (2015). The Impact of Brand Image on Consumer Behaviour: A Literature Review. 3(58): 1.
Copyright (c) 2022 Masykur Hidayatulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 334