PERSEPSI KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA DI SMKN 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n1.p35-46Keywords:
Job Readiness; Prakerin; soft skillsAbstract
Upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap menghadapi tuntutan dunia kerja, diwujudkan dengan adanya program praktik kerja industri yang diterapkan oleh sekolah menengah kejuruan dan pembekalan kemampuan pendukung. Dalam hal ini, SMKN 4 Surabaya melakukan kerja sama dengan Alfamart dalam mengadakan program prakerin kelas Alfa yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dan diawali dengan training secara online dan offline, serta penempatan di area yang berbeda untuk tiap siswa. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan program prakerin kelas Alfa serta penguasaan soft skill dapat mendorong kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pusposive sampling, di mana sejumlah 26 informan berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XII jurusan BDP SMKN 4 Surabaya yang mengikuti dan telah menyelesaikan prakerin kelas Alfa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII jurusan BDP di SMKN 4 Surabaya yang menyelesaikan prakerin kelas Alfa sudah siap memasuki dunia kerja karena telah mendapatkan pengalaman bekerja dan soft skill yang akan dibutuhkan saat bekerja nanti.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

