PERSEPSI KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA DI SMKN 4 SURABAYA

  • Alfi Nurdianty Oktavia UNESA
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Job Readiness; Prakerin; soft skills

Abstract

Upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap menghadapi tuntutan dunia kerja, diwujudkan dengan adanya program praktik kerja industri yang diterapkan oleh sekolah menengah kejuruan dan pembekalan kemampuan pendukung. Dalam hal ini, SMKN 4 Surabaya melakukan kerja sama dengan Alfamart dalam mengadakan program prakerin kelas Alfa yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dan diawali dengan training secara online dan offline, serta penempatan di area yang berbeda untuk tiap siswa. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan program prakerin kelas Alfa serta penguasaan soft skill dapat mendorong kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pusposive sampling, di mana sejumlah 26 informan berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XII jurusan BDP SMKN 4 Surabaya yang mengikuti dan telah menyelesaikan prakerin kelas Alfa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII jurusan BDP di SMKN 4 Surabaya yang menyelesaikan prakerin kelas Alfa sudah siap memasuki dunia kerja karena telah mendapatkan pengalaman bekerja dan soft skill yang akan dibutuhkan saat bekerja nanti.

References

Afriani, R., & Setiyani, R. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, dan kematangan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 453–468.

Dwijayanti, R. (2015). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, locus of control, dan kebutuhan berprestasi terhadap pembentukan sikap kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (Issue 1).

Kemdikbud. (2020). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 50 tahun 2020 tentang praktik kerja lapangan bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan, 1–10. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163849/permendikbud-no-50-tahun-2020

Kinasih, F. S., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI BDP SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10689–10699. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4123%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4123/3457

Listyowati, Herdiyani, R., & Siregar, P. (2019). Bacaan Penunjang (Hand Out) Modul Soft Skills Untuk Kesiapan Kerja. Plan International Indonesia.

Marlena, N., Renny Dwijayanti, Finisica Dwijayati Patrikha, & Saino. (2022). Online learning infrastructure: does it strengthen the effect of service quality on student satisfaction? Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 61–75. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2032

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Nabila, L. D., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh dompet digital dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada bisnis franchise minuman (studi pada konsumen minuman chatime di lippo plaza sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1034–1040.

Perdana, N. S. (2019). Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 173–181. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.2948

Pratama, A. I., Wardaya, & Komaro, M. (2019). Pengaruh persepsi siswa terhadap prakerin dikaitkan dengan kesiapan kerja siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 168–175.

Rusli, R., & Kholik, M. (2013). Teori belajar dalam psikologi pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62–67.

Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori behaviour (E . Throndike) dalam pembelajaran matematika. Prisma, 4, 174–178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Sulistyowati, R. (2014). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri (prakerin) terhadap sikap kewirausahaan siswa smk negeri di surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 85–102. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p85-102

Sunarto, Suparji, Nugroho, H. S. W., Sumasto, H., & Subagyo. (2018). Buku panduan pengembangan dan pencapaian target soft skill mahasiswa. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Susanti, Satyawan, M. D., & Dwijayanti, R. (2014). The internalization of entrepreneurial learning in an effort to develop entrepreneurial spirit on vocational high school student. 108–118.

Zahrotissa’adah, U., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan bahan ajar buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran untuk kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1223–1229.
Published
2024-04-30
How to Cite
Oktavia, A., & Dwijayanti, R. (2024). PERSEPSI KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA DI SMKN 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 35-46. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n1.p35-46
Section
Article
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 34