ANALISIS EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DENGAN METODE MARKETING FUNNEL TERHADAP PENJUALAN GRAHA OFFICE

  • Nadya Amelia Khumaira Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Abstrak

Dalam era digital saat ini, pemanfaatan strategi pemasaran digital merupakan elemen kunci dalam mencapai keberhasilan bisnis. Digital marketing, sebagai model konversi prospek ke pelanggan, menjadi salah satu alat utama dalam kampanye pemasaran digital. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pemanfaatan digital marketing terhadap penjualan produk Graha Office. Untuk platform digital marketing yang digunakan adalah website Graha Office. Dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data menggunakan metode market funnel. Dengan dilakukan perhitungan menggunakan SPSS, didapatkan hasil korelasi sebesar 0,996 mengindikasikan hubungan yang kuat antar variabel. Diketahui bahwa 99,6% digital marketing berpengaruh terhadap penjualan Graha Office, sedangkan 0,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas strategi digital marketing pada penjualan Graha Office, memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis di bidang ini. Implikasi praktis dari temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif dan berorientasi pada hasil.

Keywords: Digital Maketing; Uji Regresi; SPSS

Abstract

In the current digital era, the utilization of digital marketing strategies is a key element in achieving business success. Digital marketing, as a model for converting prospects into customers, has become one of the primary tools in digital marketing campaigns. The research aims to analyze the utilization of digital marketing on the sales of Graha Office products. The digital marketing platform used in this study is the Graha Office website. Data processing in this research is carried out using the market funnel method. Through calculations using SPSS, a correlation result of 0.996 is obtained, indicating a strong relationship between variables. It is known that 99.6% of digital marketing influences Graha Office sales, while the remaining 0.4% is influenced by other variables not examined. The findings of this research can provide in-depth insights into the effectiveness of digital marketing strategies on Graha Office sales, contributing to practical and theoretical understanding in this field. The practical implications of these research findings are expected to serve as a guide for companies in designing more effective and results-oriented digital marketing strategies.

Keywords: Digital Marketing; Regression Test; SPSS

References

Ahmad Nurkhin , S Martono, Muhsin, Fachrurrozie, dan M. F. (2021). Peningkatan Literasi Bisnis Digital dan Literasi Keuangan bagi Santripreneur di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.

Darmawansyah, I. , & S. (2021). Indikator Keuangan dan Non-Keuangan Melalui ROI yang Diterapkan dalam Sosial Media Marketing. JUDICIOUS (Journal of Management), 02(01), 1–8.

Gumalang, R. F., & Saerang, D. P. E. (2022). the Influence of Content Marketing, Influencers and Psychological Factors on Brand Awareness of Tiktok Advertising. Jurnal EMBA, 10(4), 128–138.

Jerry Maytanius, Leonardo, Haris Wahyudi, Kelvin, Ricky Lim, & Anthony Sentoso. (2023). Analisis Digital Marketing UMKM Creativ. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(2)

Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Tematik, 3(2), 199–210.

Pringgo Prayetno, M., Chandra, T., & Putra, R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Konsultan Bisnis Menggunakan Metode IPA Dan CSI (Studi Kasus Pada CV. ABC). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1802–1817.

Putri, A., Arie, H., & Fourqoniah, F. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1–12.

Putri, S. A., & Novianti, D. (2020). Penerapan Metode Analisis Regresi Linear Berganda untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas pada Kasus Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Matematika dan Terapan, 2(1), 38–42.

Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103.

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 216–227.

Ramadhan, R., & Nasir, M. (2023). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Brand Trustsebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tik-Tokshop Di Soloraya. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya, 9(2), 170–182.

Rian, H., Estiana, R., Karomah, N. G., Suharmanto, S., & Gustiawan, H. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abdidas, 3(4), 655–661.

Safinatunnajah, A. N., Pujiyanto, & Sudarmanto, J. A. (2021). Designing Granoolars Brand Promotion with Social Media Mix Approach as A Brand Awareness Strategy. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 857–874.

Tjahjo Darsono, J., Susana, E., & Prihantono, E. Y. (2020). Selection and Consideration of Marketing Strategy through E-Commerce in Medium Small Businesses in the City Of Malang. Journal of Business and Management, 22(10), 1–13.

Veza, O. (2019). Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(1), 95–100.

Wijoyo, A., Sori, A., Nasution, M., Larasati, D. T., Gustiara, D., Hilal, W. N., & Ekonomi, F. (2023). Upaya Pengembangan dan Peran Sistem Informasi Manajemen dalam E-Commerce Shopee. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, 1(2), 1–13.

Yuvaraj, S., & Indumathi, R. (2018). Influence of Digital Marketing on Brand Buliding. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 9(7), 1–9
Published
2024-04-30
How to Cite
Khumaira, N., & Nugraha, I. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DENGAN METODE MARKETING FUNNEL TERHADAP PENJUALAN GRAHA OFFICE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 27-34. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n1.p27-34
Section
Article
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 186