PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL PADA MATERI PELAYANAN PRIMA KELAS X BISNIS DIGITAL : STUDI KASUS PADA EDUCAFE DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

Penulis

  • Amanda Wirainata Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
  • Winaika Irawati Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Buku Saku Digital, Pelayanan Prima, Pembelajaran Kontekstual, Pengembangan, SMK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan buku saku digital sebagai bahan ajar pada materi Pelayanan Prima untuk siswa kelas X Bisnis Digital SMK Negeri 1 Jombang. Pengembangan menggunakan model AADIE. Proses dimulai dengan analisis kebutuhan dan telaah awal oleh ahli media, materi, dan bahasa, dilanjutkan dengan validasi menggunakan instrumen BSNP. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku saku digital memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi, yaitu 94% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi, dan 96% oleh ahli bahasa. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu kelompok kecil (10 siswa) dan uji lapangan (90 siswa). Hasil uji coba menunjukkan respon siswa sangat positif dengan persentase kepraktisan rata-rata 95%. Buku saku digital dinilai mudah digunakan, relevan dengan praktik di Educafe, serta mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Dengan demikian, buku saku digital ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar kontekstual yang mendukung pembelajaran berbasis proyek di SMK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, L. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

Arizona, R. (2017). Peran Team Work Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Sinarmas Cabang Malang. Jurnal Aplikasi Administrasi, 20(1), 52. Https://Doi.Org/10.30649/Aamama.V20i1.92

Artasari, A., & Oktaviyanthi, R. (2024). Development Strategy Of E-Pocket Book To Optimize Algebraic Thinking Skills Of Junior High. 11(3), 568–587.

Dira, A. A., Kusniawati, A., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Teamwork Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis). Business Management And Entrepreneurship Journal, 6(1), 128–143. Https://Doi.Org/10.35972/Jieb.V6i1.328

Djuka, W. R. K., Fithriana, N., & Larasati, D. C. (2022). Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–14. Http://Repository.Unitri.Ac.Id/Id/Eprint/3165

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Febriyanti, N. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(01), 96. Https://Doi.Org/10.32332/Riayah.V5i01.2306

Hasanah, K. D., Wahab, D. A. S., Nawali, J., Savika, H. I., & Yaqin, M. Z. N. (2024). Peran Dan Ragam Jenis Bahan Ajar (Cetak Dan Non Cetak) Yang Relevan Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Seni Budaya Di SDI Surya Buana Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 361–378.

Hermansyah, M. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Materi Pelayanan Prima Kelas X Apk 2 Di Smk Pgri 1 Porong – Sidoarjo. Jurnal Pendidikan.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Kustanto, I. B. (2019). Efektivitas Pelatihan Affect Based Trust Terhadap Rekan Kerja Dengan Metode Appreciative Inquiry Untuk Meningkatkan Kualitas Teamwork. 19–51.

Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 14–15.

Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sop Penataan Produk Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Pada Peserta Didik Kelas Xi Pemasaran Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1230–1236.

Puspitasari, F. F. (2019). Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah. 4(1).

Ritonga, W. (2020). Pelayanan Prima.

Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105–117.

Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 305–317.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education.

Yeni, Y. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Pada Materi Plantae Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X Man. 9, 356–363.

Zahrotissa'adah, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Perencanaan Bisnis Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran Untuk Kelas X BDP SMKN 2 Kediri.

Zuliana, L., Yunarti, Y., & Sulistyowati, D. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Saku Digital Berbasis Kontekstual Siswa Kelas Viii. LINEAR: Journal Of Mathematics Education, 84. Https://Doi.Org/10.32332/Linear.V2i2.3815

Diterbitkan

2025-07-25

Cara Mengutip

Wirainata, A., Sudarwanto, T., Saino, S., & Irawati, W. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL PADA MATERI PELAYANAN PRIMA KELAS X BISNIS DIGITAL : STUDI KASUS PADA EDUCAFE DI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 10–17. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/71212

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 53