PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL PADA MATERI PELAYANAN PRIMA KELAS X BISNIS DIGITAL : STUDI KASUS PADA EDUCAFE DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Kata Kunci:
Buku Saku Digital, Pelayanan Prima, Pembelajaran Kontekstual, Pengembangan, SMKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan buku saku digital sebagai bahan ajar pada materi Pelayanan Prima untuk siswa kelas X Bisnis Digital SMK Negeri 1 Jombang. Pengembangan menggunakan model AADIE. Proses dimulai dengan analisis kebutuhan dan telaah awal oleh ahli media, materi, dan bahasa, dilanjutkan dengan validasi menggunakan instrumen BSNP. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku saku digital memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi, yaitu 94% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi, dan 96% oleh ahli bahasa. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu kelompok kecil (10 siswa) dan uji lapangan (90 siswa). Hasil uji coba menunjukkan respon siswa sangat positif dengan persentase kepraktisan rata-rata 95%. Buku saku digital dinilai mudah digunakan, relevan dengan praktik di Educafe, serta mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Dengan demikian, buku saku digital ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar kontekstual yang mendukung pembelajaran berbasis proyek di SMK.
Unduhan
Referensi
Agustina, L. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).
Arizona, R. (2017). Peran Team Work Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Sinarmas Cabang Malang. Jurnal Aplikasi Administrasi, 20(1), 52. Https://Doi.Org/10.30649/Aamama.V20i1.92
Artasari, A., & Oktaviyanthi, R. (2024). Development Strategy Of E-Pocket Book To Optimize Algebraic Thinking Skills Of Junior High. 11(3), 568–587.
Dira, A. A., Kusniawati, A., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Teamwork Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis). Business Management And Entrepreneurship Journal, 6(1), 128–143. Https://Doi.Org/10.35972/Jieb.V6i1.328
Djuka, W. R. K., Fithriana, N., & Larasati, D. C. (2022). Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–14. Http://Repository.Unitri.Ac.Id/Id/Eprint/3165
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Febriyanti, N. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(01), 96. Https://Doi.Org/10.32332/Riayah.V5i01.2306
Hasanah, K. D., Wahab, D. A. S., Nawali, J., Savika, H. I., & Yaqin, M. Z. N. (2024). Peran Dan Ragam Jenis Bahan Ajar (Cetak Dan Non Cetak) Yang Relevan Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Seni Budaya Di SDI Surya Buana Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 361–378.
Hermansyah, M. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Materi Pelayanan Prima Kelas X Apk 2 Di Smk Pgri 1 Porong – Sidoarjo. Jurnal Pendidikan.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Kustanto, I. B. (2019). Efektivitas Pelatihan Affect Based Trust Terhadap Rekan Kerja Dengan Metode Appreciative Inquiry Untuk Meningkatkan Kualitas Teamwork. 19–51.
Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 14–15.
Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sop Penataan Produk Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Pada Peserta Didik Kelas Xi Pemasaran Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1230–1236.
Puspitasari, F. F. (2019). Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah. 4(1).
Ritonga, W. (2020). Pelayanan Prima.
Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105–117.
Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 305–317.
UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education.
Yeni, Y. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Pada Materi Plantae Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X Man. 9, 356–363.
Zahrotissa'adah, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Perencanaan Bisnis Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran Untuk Kelas X BDP SMKN 2 Kediri.
Zuliana, L., Yunarti, Y., & Sulistyowati, D. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Saku Digital Berbasis Kontekstual Siswa Kelas Viii. LINEAR: Journal Of Mathematics Education, 84. Https://Doi.Org/10.32332/Linear.V2i2.3815
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Amanda Wirainata, Tri Sudarwanto, Saino Saino, Winaika Irawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 59
,
PDF Downloads: 53
