PENGARUH PENGGUNAAN TOKOH AGAMA (MAMAH DEDEH) SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK LARUTAN CAP KAKI TIGA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA)

  • AGUS SUSANTI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbunya fenomena pada saat ini banyak produk yang dalam iklannya ditelevisi menggunakan endorser dari kalangan non celebrity mulai dari tokoh politik, tokoh agama, anak-anak, ahli kesehatan sampai orang biasa. Misalnya saja seorang pendakwah Mamah Dedeh yang digunakan dalam iklan larutan cap kaki tiga. Dalam pemilihan endorser perusahaan harus bisa memilih seseorang yang mampu menyampaikan pesan dari produk yang akan diiklankan dan memiliki karakteristik berdasarkan kriteria perusahaan. Karakteristik selebriti sebagai model iklan tersebut mencakup : kredibilitas selebriti, kesesuaian selebriti dan penonton, kesesuaian selebriti dengan merek dan daya tarik selebriti. Hal ini juga sesuai dengan yang telah dikemukakan oleh Terence A.Shimp (2002 : 464).

Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda serta angket sebagai alat pengumpulan data responden kemudian data diolah dengan bantuan program statistic SPSS for Windows dengan jumlah sampel 385.

Dari data analisis regresi linier berganda yang mempunyai nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,386 yang artinya atribut endorser berpengaruh terhadap minat beli sebesar 38,6%, sedangkan sisanya 61,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dimana Fhitung  sebesar 61,460 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi α=0,05. Maka hipotesis diterima, terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel atribut endorser yang terdiri dari Kredibilitas selebriti (X1), Kesesuaian selebriti dengan penonton  (X2), Kesesuaian selebriti dengan merek (X3) , Daya tarik selebriti (X4),  terhadap Minat Beli (Y). Sementara berdasarkan uji t, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli adalah kredibilitas selebriti dengan nilai koefisien regresi paling besar sebesar 0,283 dibandingkan variabel bebas yang lainnya

Kata Kunci : Atribut Celebrity Endorser, Iklan, Minat Beli

Published
2014-08-20
How to Cite
SUSANTI, A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN TOKOH AGAMA (MAMAH DEDEH) SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK LARUTAN CAP KAKI TIGA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 157