PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • LULUK INDARSIH

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu hal yang selalu menjadi topik utama dalam bidang pendidikan. Asumsi tersebut berkembang dengan pertimbangan bahwa hasil belajar merupakan indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dicapai. Maksud penilaian hasil belajar adalah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan kemampuan individu. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan komunikasi antarpribadi. Agar komunikasi antarpribadi berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan, perlu memiliki kecakapan sosial dan kecakapan behavioral. Dengan pemberian mata kuliah salesmanship diharapkan mahasiswa lancar dalam berkomunikasi antarpribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata kuliah salesmanship terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Prodi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2011 dan mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran 2011 yang telah menempuh mata kuliah salesmanship. Sampel yang diambil sebanyak 109 responden ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.

Dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 39,2% dan nilai Uji t sebesar 8,308 lebih besar dari t tabel sebesar 1,66 maka hasil belajar mata kuliah salesmanship berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Kata kunci : hasil belajar, kemampuan komunikasi antarpribadi

 

Published
2014-08-27
How to Cite
INDARSIH, L. (2014). PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 94