Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Milk Me Cafe (Studi Pada Milk Me Cafe Surabaya)
Abstract
Perkembangan suatu bisnis akan selalu berkembang didukung oleh gaya hidup dan mobilitas konsumen didaerah Surabaya yang sangat tinggi, hal ini mendorong banyaknya produsen berlomba-lomba mencari peluang pasar khususnya dibidang kuliner yang mempunyai profit yang cukup bagus. Sehingga Milk Me Cafe sebuah tempat makan yang memberikan warna kepada produknya terutama dalam bidang pelayanan yang akan mendorong pada konsumen yang akan merasa puas, karena didukung oleh fasilitas yang akan membuat konsumen betah berlama-lama di Milk Me Cafe.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey yang berusaha untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Milk Me Cafe Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada 115 responden untuk dilakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 467.132 dan didukung dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa Kualitas layanan yang meliputi tangibles (X1), realibility (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empaty (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Milk Me Cafe Surabaya. Hasil uji t menunjukkan secara parsial bahwa variabel tangibles (X1), realibility (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empaty (X5) pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsume di Milk Me Cafe. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,953 berarti bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen di Milk Me Cafe Surabaya sebesar 95,3% sedaangkan sisanya 4,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel lain yang digunakan dalam penelitian ini
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 104