https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/issue/feed Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 2021-09-18T01:26:31+00:00 Septyan Budy Cahya septyancahya@unesa.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) E-ISSN: diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya yang dikelola oleh Program Studi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.</p> <p>Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali yaitu bulan April, Agustus, dan Desember.</p> <p>Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi:</p> <ol> <li class="show">Pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Evaluasi dan Asesmen pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Riset dan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Manajemen pemasaran</li> <li class="show">Studi perilaku konsumen</li> <li class="show">Kewirausahaan</li> <li class="show">Manajemen Sumber Daya Manusia</li> <li class="show">Manajemen Strategik</li> </ol> <p>Untuk publikasi selanjutnya, silahkan submit artikel anda ke Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)</p> <ol> <li class="show">Silahkan cek Author Guidelines&nbsp;<a href="https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/about/editorialPolicies#custom-1" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></li> <li class="show">Silahkan Unduh Template&nbsp;<a href="https://drive.google.com/file/d/1vKAM0AdgG5CW3XYWOXfM4iXmfvLlENVM/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></li> </ol> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41872 PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK 2021-08-13T07:55:45+00:00 Wulan Maulidiyah wulan.17080324056@mhs.unesa.ac.id <p><em>Home Industry is one of the small businesses that can support the national economy. Market orientation and produk quality has very important role for every enterpreneur in running his business.This study aims to determine the effect of market orientation variables and product quality on the marketing performance of the home industry in gresik regency, especially in Banyuwangi Manyar Village. This research is included in quantitative research. The sample of this study amounted to 30 home industry enterpreneus. In this study, researchers used multiple anlysis techniques which were processed using SPSS 25 software. The result showed that market orientation partially had a positive and significant influence on marketing performance. While product quality partially has a psoitive and significant effect on marketing performance and the market orietation and product qaulity variables have an effect, simultaneously to marketing performance. </em></p> <p><strong><em>Keyword : Market Orientation, Product Quality, Marketing Performance, Home Industry</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> 2021-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42668 PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET 4G UNLIMITED INDOSAT OOREDOO (STUDI PADA KONSUMEN KABUPATEN SIDOARJO) 2021-08-14T05:11:05+00:00 Sofina Sofina sofina.17080324024@mhs.unesa.ac.id Finisica Dwijayati Patrikha finisicapatrikha@unesa.ac.id <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian paket data internet 4G unlimited Indosat Ooredoo. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Pelanggan paket data internet Indosat Ooredoo 4G Unlimited di kabupaten sidoarjo adalah populasi dalam penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih sampel dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian .<br>Kata Kunci : Citra merek, kualitas produk, harga, keputusan pembelian</p> 2021-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42695 ANALISIS KEPUTUSAN MAHASISWA PAPUA MEMILIH BERKULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2021-08-18T08:37:10+00:00 Ester Bagubau esterbagubau16080324064@mhs.unesa.ac.id Finisica Dwijayati Patrikha finisicapatrikha@unesa.ac.id <p>Abstrak<br>Penelitian ini bertujuan guna menjabarkan serta mengetahui keputusan mahasiswa Papua memilih berkuliah di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sampling dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara gabungan (tertutup dan terbuka) dengan bantuan aplikasi whatApp dan google form dengan jumlah responden sebanyak 50 orang mahasiswa Papua dan 20 orang mahasiswa papua menjadi sampel, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat dua pandangan yang mempengaruhi keputusan mahasiswa papua dalam memilih berkuliah di Universitas Negeri Surabaya sebagai tempat untuk menuntut ilmu yaitu internal dan eksternal. internal merupakan pihak keluarga, 86,4% atau dari 20 sampel 19 mahasiswa papua mengatakan bahwa keputusan yang mereka ambil dengan keluarga kemudian eksternal yaitu program beasiswa afirmasi dari pemerintah, 63,6% atau dari 20 sampel 14 mahasiswa papua mengatakan karena mereka mendapatkan beasiswa afirmasi.<br>Kata kunci: Mahasiswa Papua, perilaku konsumen , keputusan konsumen</p> 2021-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42737 PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PEMBELI AKSESORIS HANDPHONE DI SHOPEE) 2021-08-24T04:20:50+00:00 Daniel Setyo Adi Santoso daniel.17080324074@mhs.unesa.ac.id Renny Dwijayanti rennydwijayanti@unesa.ac.id <p>Abstract<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening studi pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNESA pembeli aksesoris handphone di Shopee. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa angkatan 2017-2019 Jurusan Pendidikan Ekononomi Universitas Negeri Surabaya sebanyak 815 mahasiswa dan sampel yang digunakan berjumlah 110 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni kuesioner serta dianalisis dengan analisis jalur. Hasil dalam penelitian menunjukkan viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 5,410. Viral marketing berpengaruh terhadap kepercayaan konsumendengan nilai sebesar 6,706. Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 2,227. Sedangkan kepercayaan konsumen tidak mampu memediasi viral marketingterhadap keputusan pembelian dengan nilai Z sebesar 1,436 . Penelitian ini dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai referensi dalam melakukan kegiatan pembelajaran serta pengembangan penelitian selanjutnya<br>Kata Kunci : Kepercayaan Konsumen; Keputusan Pembelian; Viral Marketing</p> 2021-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42763 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT (STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO) 2021-08-27T09:01:47+00:00 Anisa Pamelia anisa.17080324004@mhs.unesa.ac.id Tri Sudarwanto trisudarwanto@unesa.ac.id <p>ABSTRAK<br>Pada era mobilitas yang tinggi kebutuhan transportasi sangatlah penting. Dibandingkan dengan angkutan umum, masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi khususnya kendaraan roda dua untuk menunjang aktivitas harian. Selain itu kondisi di Indonesia pada masa sekarang ini sedang dilanda virus Covid-19 yang mana seluruh kegiatan harus dibatasi, seperti terjadi adanya penerapan jaga jarak baik ketika antre ataupun ketika pada angkutan umum. Hal itu juga dapat mengakibatkan masyarakat lebih memilih moda transportasi pribadi khususnya sepeda motor daripada menggunakan angkutan umum. Kendaran pribadi yang diminati oleh masyarakat adalah kendaraan roda dua terutama jenis matic yang mana penggunaan kendaraan tersebut dianggap lebih praktis. PT. Astra Honda Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif yang mana salah satunya memproduksi kendaraan roda dua jenis matic. Menurut penjabaran di atas penelitian berikut bertujuan guna menjelaskan serta melakukan analisa pada pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian Motor Matic Honda BeAT pada warga Perumahan Pesona Permata Ungu. Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 237 orang dan penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 70 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis pada penelitian ini. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,384. Variabel brand image juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,775. Kualitas produk dan brand image bernilai positif, sehingga variabel kualitas produk dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi produsen produk motor matic, untuk referensi pembaca, serta bisa digunakan sebagai titik awal dari pembelajaran selanjutnya.<br>Kata Kunci: Kualitas Produk; Brand Image; Keputusan Pembelian</p> 2021-08-27T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42781 PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SURABAYA 2021-08-31T05:36:54+00:00 Rahmania Ikhlasul Amalia rahmaniaamalia@mhs.unesa.ac.id Tri Sudarwanto trisudarwanto@unesa.ac.id <p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian berikut adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing bagi sisiwa kelas X (2) Mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X (3) Mengetahui tingkat keefetivan media Booklet berbasis Hybrid Learning pada mata pembelajaran marketing untuk sisiwa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D modifikasi S.. Thiagarajan, dkk. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Developt (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi para ahli dan intrumen wawancara yang digunaan untuk mendapatkan data kevalidan di lapangan, intrumen guna menguji keefektifan yang dipakai berbentuk lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran.<br>Kata Kunci: Booklet; Hybrid Learning; Media Pembelajaran; Menganalisis Pasar</p> 2021-08-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42872 PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN BEBEK SINJAY BANGKALAN 2021-09-13T03:15:26+00:00 Indira Tri Winalda indira.17080324071@mhs.unesa.ac.id Tri Sudarwanto trisudarwanto@unesa.ac.id <p>Abstrak<br>Bebek Sinjay adalah kuliner makanan khas Bangkalan Madura yang memiliki cita rasa khas yang lokal. Strategi perusahaan memanfaatkan promosi yang dilakukan konsumen dan juga adanya kualitas produk. Word of Mouth memiliki dampak besar bagi produk maupun jasa perusahaan karena adanya interaksi seseorang kepada orang lain secara langsung ataupun secara media elektronik. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian, serta mengetahui pengaruh Word of Mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan memiliki sampel sebanyak 210 responden dengan populasi konsumen atau pengunjung Bebek Sinjay Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Word Of Mouth dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan.<br>Kata Kunci : Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Word Of Mouth.</p> 2021-09-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42098 PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND LOVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE NATURE REPUBLIC DI TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA 2021-09-18T01:26:31+00:00 salma ananda tiara salmatiara@mhs.unesa.ac.id <p><em>The use of skincare is increasingly widespread, accompanied by the desire to have an attractive appearance, which is one of the reasons the skincare industry is growing. This fact can be seen from the many skincare product stores scattered in Tunjungan Plaza Surabaya, one of which is Nature Republic skincare from South Korea which is made from aloevera. This research aims to find out the effect of country of origin and brand love on purchasing decisions. The study was conducted at Tunjungan Plaza Surabaya by having a sample of 96 people who have the criteria as consumers of the Nature Republic store with an age range of 17&nbsp; to 50 years with sampling using accidental sampling technique. Data were collected by observation and questionnaires. Multiple linear regression analysis is used for data analysis techniques with SPSS software. The results obtained in the study indicate the fact that country of origin has a significant influence on purchasing decisions of 2,739, brand love has a significant influence on purchasing decisions of 5,161, and the final results show that the simultaneous influence of country of origin and brand love has a significant influence. simultaneous to purchasing decisions with a percentage of 48.3%</em></p> 2021-09-18T01:26:31+00:00 ##submission.copyrightStatement##