https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/issue/feedJurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)2023-03-17T22:17:40+00:00Dwi Yuli Rakhmawatidwirakhmawati@unesa.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) E-ISSN: diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya yang dikelola oleh Program Studi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.</p> <p>Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) terbit secara berkala setiap 3 bulan sekali yaitu bulan April, Agustus, dan Desember.</p> <p>Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi:</p> <ol> <li class="show">Pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Evaluasi dan Asesmen pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Riset dan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga</li> <li class="show">Manajemen pemasaran</li> <li class="show">Studi perilaku konsumen</li> <li class="show">Kewirausahaan</li> <li class="show">Manajemen Sumber Daya Manusia</li> <li class="show">Manajemen Strategik</li> </ol> <p>Untuk publikasi selanjutnya, silahkan submit artikel anda ke Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)</p> <ol> <li class="show">Silahkan cek Author Guidelines <a href="https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/about/editorialPolicies#custom-1" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></li> <li class="show">Silahkan Unduh Template <a href="https://drive.google.com/file/d/1vKAM0AdgG5CW3XYWOXfM4iXmfvLlENVM/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></li> </ol>https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42113PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PELANGGAN H&M TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA2023-03-17T22:17:40+00:00Firdha Windyaningrumfirdhawindyaningrum16080324068@mhs.unesa.ac.idTri Sudarwantotrisudarwanto@unesa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>price discount </em>dan <em>store atmosphere</em> terhadap <em>impulse buying</em> pada pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya. Dengan melakukan <em>price discount </em>dan menciptakan <em>store atmosphere</em> akan mempengaruhi <em>impulse buying</em>. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 responden dengan usia diatas atau sama dengan 20 tahun yang pernah berbelanja di H&M Tunjungan Plaza Surabaya. teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X<sub>1</sub>) <em>price discount</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) <em>impulse buying </em>sebesar 0,048. (X<sub>2</sub>) <em>Store atmosphere</em> berpengaruh signigikan terhadap (Y) <em>impulse buying</em> pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000. (X<sub>1</sub>) <em>Price discount</em> dan (X<sub>2</sub>) <em>Store atmosphere</em> memiliki pengaruh simultan terhadap <em>impulse buying</em> pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> price discount, store atmosphere, impulse buying.</p>2022-08-14T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/45427PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE-FOOD (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)2023-03-17T15:12:59+00:00Farras Rana Febrianifarras.18055@mhs.unesa.ac.idSeptyan Budy Cahyaseptyancahya@unesa.ac.id<p>Tujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis <em>survey</em> yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik <em>non-probability sampling</em> Penelitian ini menggunakan metode<em> survey</em> yang dibagikan kepada responden melalui <em>google form</em>. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil <em>survey </em>menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen <em>e-service quality</em> dan <em>sales promotion</em> terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis <em>survey</em> yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik <em>non-probability sampling</em> Penelitian ini menggunakan metode<em> survey</em> yang dibagikan kepada responden melalui <em>google form</em>. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil <em>survey </em>menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen <em>e-service quality</em> dan <em>sales promotion</em> terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis <em>survey</em> yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik <em>non-probability sampling</em> Penelitian ini menggunakan metode<em> survey</em> yang dibagikan kepada responden melalui <em>google form</em>. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil <em>survey </em>menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen <em>e-service quality</em> dan <em>sales promotion</em> terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis <em>survey</em> yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik <em>non-probability sampling</em> Penelitian ini menggunakan metode<em> survey</em> yang dibagikan kepada responden melalui <em>google form</em>. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil <em>survey </em>menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen <em>e-service quality</em> dan <em>sales promotion</em> terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, <em>e-service quality</em> <em>dan sales promotion</em> secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-Food</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: e-service quality, keputusan konsumen, sales promotion</p>2022-08-28T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/45831PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP SMK2023-03-17T15:19:27+00:00Abdul Aziz Prianbogoargojesabdul03@gmail.comVeni Rafidavenirafida@unesa.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dampak, kefektifan, dan kelayakan penggunaan produk modul elektronik yang sedang dikembangkan. Metode penelitian atau riset yang digunakan adalah jenis penenelitian dan pengembangan (<em>Research and Development</em>). Model penelitian ini menggunakan model studi 4-D dari Thiagarajan, Sammel, dan Semmel in (Sivasailam, 1974). Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu <em>Define</em>, <em>Design</em>, <em>Develop</em> dan <em>Desseminate</em> (Lestari, 2018). Namun, hanya sampai tahap pengembangan, tidak sampai <em>Desseminate</em>. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skor presentasi diperoleh dengan menghitung skor berdasarkan skala <em>Likert</em> dan tes <em>N-Gain Score</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi materi mendapat skor 100% dengan kriteria “sangat layak”, validasi bahasa mendapat skor 82% dengan kriteria “sangat layak”, validasi media mendapat skor 87% dengan kriteria “sangat layak” secara keseluruhan validasi ahli mendapat skor 89,90%. Uji <em>N-Gain Score</em> mendapat nilai rata-rata “0,79” dengan kriteria “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan <em>E-Module</em> Penataan Produk dapat dikatakan “sangat layak” sebagai media belajar siswa dalam mata pelajaran Penataan Prouk KD 3.2</p> <p>Kata Kunci: e-module; metode pengembangan 4D; penataan produk</p>2022-08-05T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/47117PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA)2023-03-17T15:30:50+00:00Ima Khotimahimakhotimah@mhs.unesa.ac.idRaya Sulistyowatirayasulistyowati@unesa.ac.id<p>Perkembangan tekonologi informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga mempermudah untuk mengakses internet. Dengan adanya perkembangan teknologi, pemasaran saat inipun berkembang menjadi pemasaran digital, yaitu dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, baik promosi produk maupun jasa pariwisata. Salah satu cara adalah dengan menciptakan pertukaran informasi electronic word of mouth antara para pengunjung wisata dengan menggunakan media sosial. Pertukaran informasi electronic word of mouth dipercaya bisa menimbulkan keinginan dan minat untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata. Tujuan penelitian yakni mengetahui dampak electronic word of mouth pada media sosial terhadap minat untuk pergi dan keputusan untuk pergi ke wisata sejarah Surabaya. Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya. Wisatawan domestik Surabaya menjadi populasi penelitian dan jumlahsampel yang dipakai sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Non probability sampling sebagai Teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Software SPSS 25 dengan Teknik analisis path digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menghasilkan bahwa Electronic word of mouthmempunyai pengaruh signifikan pada minat dan keputusan berkunjung, minat mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan berkunjung akan tetapi tidak dapat memediasi Electronic word of mouthpada keputusan berkunjung. Artinya Electronic word of mouthadalah variable yang penting.<br><strong>Kata kunci:</strong> electronic word of mouth; keputusan berkunjung; media sosial; minat berkunjung; pemasaran</p>2022-08-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/46719PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)2023-03-17T21:43:42+00:00Handayani Rahayu Ningsihhandayani.18030@mhs.unesa.ac.idSeptyan Budy Cahyaseptyancahya@unesa.ac.id<p>Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sales promotion dan online customer experiences terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis dari Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pengguna e-commerce Shopee sebagai populasi. Pada PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Januari tahun 2022, bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah diperoleh sebanyak 2.279 mahasiswa yang menjadi populasi pada penelitian, rumus Slovin sebagai dasar pengambilan sampel menjadi 96 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling, dan pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner dengan skala pengukuran likert. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. SPSS 25.0 for windows digunakan sebagai media untuk mengolah data. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa nilai signifikasi dari analisis variabel sales promotion (X<sub>1</sub>) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee berpengaruh positif, serta nilai signifikasi hasil dari variabel online customer experiences (X<sub>2</sub>) berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee. Berdasarkan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales promotion dan online customer experiences berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian</p>2022-08-24T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/47342PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PROGRAM KELAS ALFAMIDI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 13 SURABAYA2023-03-17T21:50:46+00:00Widantining Tyas Wilujeng Ardana Neswariwidantining.18020@mhs.unesa.ac.idRenny Dwijayantirennydwijayanti@unesa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktek kerja industri program kelas alfamidi dan <em>self efficacy</em> terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII BDPM SMK PGRI 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik nonprobability dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel ada 30 responden. Seluruh responden adalah siswa kelas XII yang mengikuti program kelas alfamidi. Penelitian ini dilakukan menggunakan penyebaran kuisioner manual pada siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PRAKERIN tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja, dan <em>self efficacy</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja secara parsial. Secara simultan PRAKERIN dan <em>Self Efficacy </em>berpengaruh secara signifikan dengan kesiapan kerja. Prakerin dan self efficacy mempunyai kontribusi sebesar 46,4% terhadap kesiapan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesiapan kerja terhadap kelas 12 maka dibutuhkan <em>self efficacy</em> atau keyakinan akan kemampuan yang di miliki siswa. Salah satunya yaitu meyakini bahwa siswa dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai target sehingga hal ini dapat memotivasi siswa untuk siap menghadapi dunia kerja.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>kesiapan kerja ; praktek kerja industri ;</p> <div>self efficacy</div>2022-07-29T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/50102ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE HEEHJEK DI KOTA NGANJUK2023-03-17T21:59:01+00:00Umi Mukimatur Rohmahumirohmah1@mhs.unesa.ac.idFinisica Dwijayati Patrikhafinisicapatrikha@unesa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa ojek online “Heehjek” di kota Nganjuk<strong>. </strong>Teknik observasi dan angket online adalah teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini merupakan semua konsumen yang telah menggunakan jasa Transportasi Ojek Online “Heehjek” di Kota Nganjuk lebih dari 1x. Teknik pengumpulan sampel menggunakan rumus slovin.</p> <p>Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor 4-1. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor dengan KMO (<em>Kaiser-Mayer-Olkin</em>) dibantu dengan software IBM SPSS 25 <em>for</em><em> window</em><em>. </em>menghasilkan 24 variabel yang membentuk 5 komponen faktor. Faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk. Faktor 2, keputusan waktu. Faktor 3, ketetapan waktu. Faktor 4, kualitas kesesuaian. Faktor 5, keandalan. Faktor utama dan paling mempengaruhi keputusan penggunaan jasa transportasi ojek online “Heehjek” di Kota Nganjuk ini, yakni faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk.</p> <p><strong>Kata kunci :</strong> jasa transportasi online; analisis faktor; keputusan menggunakan jasa ojek online</p>2022-11-24T10:39:51+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/50152PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DISKON TEEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ADVANCE DI SURABAYA2023-03-17T22:05:03+00:00Siti Alfiatus Sholekahsitisholekah@mhs.unesa.ac.idFinisica Dwijayati Patrikhafinisicapatrikha@unesa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian produk Advance di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk Advance di Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka digunakan analisis Regresi Linier Berganda. Dengan menggunakan analisis tersebut, diketahui kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari hasil analisis regresi sebesar 0,046. Sedangkan diskon juga berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian dengan hasil 0,107. Berdasarkan analisis data keputusan pembelian diperoleh hasil bahwa keputusan pembelian dan diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Advance di Surabaya dengan anggapan tidak ada yang berubah salah satunya (konstan).<em> <span style="text-decoration: underline;"><br></span></em></p> <p><strong>Kata kunci</strong>: diskon; kualitas produk; pembelian.</p>2022-12-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/50486The Influence of Product Variants and Pricing Policies on Purchase Decisions of Staples in the Retail Business of Rin Mart Sidoarjo2023-03-17T22:13:35+00:00Yuni Kartikasariyunikartikasari@mhs.unesa.ac.idTri Sudarwantotrisudarwanto@unesa.ac.id<p><em>The following research aims to analyze and explain the effect of product variants and pricing policies on purchasing decisions for basic necessities in the retail business of Rin Mart Sidoarjo. This type of research uses quantitative research by determining the sample using the slovin formula. Data collection techniques by distributing questionnaires are given to consumers who have purchased basic necessities at the Rin Mart Sidoarjo retail business. The data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis techniques. From the data analysis that has been done, the product variant variable (X1) has a positive influence on purchasing decisions (Y). The price policy variable (X2) has a positive influence on purchasing decisions (Y). Product variance (X1) and price policy (X2) simultaneously influence the purchasing decision (Y) of basic necessities in the retail business of Rin Mart Sidoarjo.</em></p> <p><em>Keywords: product variant, price policy, purchase decision.</em></p>2022-12-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##