PENGARUH VARIASI SUDUT ELBOW INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG  PADA SEPEDA MOTOR SUPRA X TAHUN 2002

  • EKA WAHYUNIDATUL H

Abstract

Abstrak

Di era globalisasi seperti saat ini kendaraan bermotor telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.Semakin meningkatnya volume kendaraan, maka emisi gas buang yang  dihasilkan oleh kendaraan bermotor tersebut akan semakin tinggi, sehingga polusi udara pun juga semakin tinggi. Agar kadar emisi gas buang rendah, maka campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin harus homogen untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna. Untuk mendapatkan campuran yang homogen tersebut, maka dilakukan penelitian dengan memodifikasi sudut elbowintake manifold yang meliputi, kelompok standar dengan sudut 00 , dan kelompok eksperimen, variasi 1 sudut elbow 1800, variasi 2 sudut elbow 2250 dan variasi 3 sudut elbow 2700. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif pada putaran mesin 1500 rpm sampai 8000 rpm dengan range 500 rpm pada beban penuh untuk mengetahui kadar emisi yaitu karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) serta mengukur konsumsi bahan bakar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunanan variasi intake manifold pada motor Honda Supra X tahun 2002 lebih baik dibandingkan dengan standar dari segi emisi gas buang. Hal ini dibuktikan dengan penurunan CO optimal terjadi pada variasi 1yaitusebesar 0,34%vol dengan persentase penurunan 85,89% pada putaran 4000 rpm. Penurunan HCoptimal terjadi pada variasi 3 yaitu sebesar 111 ppmVol dengan persentase penurunan 28,39% pada putaran 8000 rpm.Peningkatan CO2 optimalterjadi pada variasi 1 yaitu sebesar 13,7%vol dengan presentase peningkatan 24,55% pada putaran 5500 rpm. Peningkatan O2 optimal terjadi pada variasi 1 yaitu sebesar 1,17%vol dengan presentasi peningkatan 74,63% pada putaran 4000 rpm. Penurunan konsumsi bahan bakar terjadi pada variasi 3 yaitu sebesar 0,31 ltr/jam dengan presentase penurunan 35,42% pada putaran 3000 rpm. Dari variasi 1, 2 dan 3 yang paling baik untuk mereduksi emisi gas buang dibandingkan dengan intake manifold standar pada sepeda motor Honda Supra X tahun 2002 adalah variasi 1, karena variasi 1 membentuk sudut elbow 1800 serta variasi 1 lebih pendek dari variasi 2 dan 3, sehingga kerugiannya kecil.

Kata kunci :Elbow, Intake Manifold, Emisi Gas Buang

Published
2014-12-22
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 93