PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125cc TAHUN 2008   

  • RIZKI YOGA NUR PRATAMA

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor kurang diimbangi dengan pertumbuhan ruas jalan. Kebanyakan pengemudi  menghendaki kendaraannya memiliki performa mesin yang tangguh disegala medan. Sistem pengapian adalah suatu sistem  pada motor bensin yang berfungsi mengatur proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang sudah ditentukan yaitu pada akhir langkah kompresi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan bahan bakar pertamax dan waktu pengapian (ignition timing) terhadap performa mesin pada sepeda motor. Penelitian eksperimen (experimental research) ini menggunakan metode full open throttle valve dalam pengujian performa mesin dengan standar pengujian SAE paper no. J1349 dan  standar pengujian kadar emisi gas buang berdasarkan SNI 09-7118.3-2005. Penelitian ini dilakukan pada sepeda motor Supra X 125cc tahun 2008 dengan bahan bakar pertamax RON 92 dan waktu pengapian standart 15° sebelum TMA, 17,5° sebelum TMA, 20° sebelum TMA dan 22,5° sebelum TMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah inertia chassis dynamometer, exhaust gas analyzer, fuel meter, dan  stopwatch. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar pertamax dan mengubah waktu pengapian dapat menaikkan performa mesin, menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang. Hal ini dibuktikan dari keempat modifikasi waktu pengapian terdapat hasil yang optimal ditinjau dari kelima parameter yaitu torsi, daya, fc, dan emisi gas buang HC terjadi pada pengapian 17,5⁰ sebelum  TMA, sedangkan pada emisi gas buang CO terendah terjadi pada pengapian 22,5⁰ sebelum TMA.

Kata Kunci: Pertamax, waktu pengapian (ignition timing), performa mesin, dan emisi gas buang.

Published
2015-01-07
Abstract Views: 387
PDF Downloads: 192