PENGARUH VARIASI TINGKAT PANAS BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR 4 TAK

  • INDRAWAN NURDIANTO

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menyebabkan semakin majunya pengetahuan di bidang teknologi khususnya di dunia otomotif. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan performa mesin kendaraan bermotor yaitu dengan memperbaiki dan mengoptimalkan sistem pengapian untuk menyempurnakan kualitas pembakaran dalam suatu kinerja mesin salah satunya dengan menggunakan busi dengan kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman untuk mengetahui pengaruh variasi tingkat panas busi terhadap performa mesin dan emisi gas buang sepeda motor 4 tak. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen untuk mengetahui pengaruh variasi tingkat panas busi terhadap torsi (T), daya (Ne), dan konsumsi bahan bakar (fc) serta emisi karbonmonoksida (CO), konsentrasi karbondioksida (CO2), emisi hidrokarbon (HC), dan konsentrasi oksigen (O2) pada sepeda motor Honda New Supra Fit tahun 2006 dengan kapasitas mesin 100 cc. Selanjutnya untuk pengukuran performa mesin berdasarkan SAE J1349  dan untuk emisi gas buang berdasarkan SNI 19-7118.3-2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa torsi maksimal dihasilkan dengan menggunakan busi NGK C7HSA sebesar 0,86 kgf.m, daya maksimal dihasilkan dengan menggunakan busi NGK C7HSA sebesar 8,11 PS, konsumsi bahan bakar terbaik menggunakan busi NGK C7HSA dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 11,20 %, sedangkan emisi gas buang menggunakan busi NGK C7HSA menghasilkan  presentase peningkatan emisi karbonmonoksida (CO) sebesar 11,17 %, penurunan konsentrasi karbondioksida (CO2) sebesar -4,33 %, penurunan kadar emisi hidrokarbon (HC) sebesar -12,88 %, dan peningkatan konsentrasi oksigen (O2) sebesar 24,85 %.

Kata kunci: Performa mesin, emisi gas buang, busi

 

Published
2015-05-22
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 462