VARIASI MEDIA PENGKOROSI DAN WAKTU TERHADAP LAJU KOROSI PADA LOGAM BAJA RENDAH KARBON (MILD STEEL) DENGAN PEMODELAN KONDISI SIRIP KEMUDI KAPAL

  • FAIZAL DWI SAPUTRO

Abstract

Abstrak

Korosi merupakan proses kerusakan material karena reaksi kimia atau dengan lingkungannya. Tujuan mengetahui pengaruh 3 air yaitu air laut Gresik, Surabaya, dan Lamongan terhadap proses korosi baja rendah karbon (mid steel). Mengetahui pengaruh variasi waktu perendaman yaitu 2 hari, 4 hari, 6 hari dan 8 hari terhadap proses korosi yang terjadi. Untuk penelitian ini penulis melaksanakan di Lab. Bahan Bakar Alternatif dan Pelumas Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian experimental dan metode penyajian data deskriptif kuantitatif dan kualitatif dimana hasil dari pengujian disajikan dengan angka lalu dijelaskan dengan menceritakan angka dan gambar serta grafik dari hasil penelitian yang mana bertujuan untuk mengetahui laju korosi dengan metode ASTM G31-72 dan kehilangan berat (weight loss) dalam mmpy (millimeter per year). Bahan penelitian adalah baja rendah karbon (mild steel) dengan kadar karbon 0-0,35% yang dikondisikan seperti sirip kemudi kapal, kemudian specimen diterjang oleh air laut yang dialirkan dengan pompa dengan debit air 2800 liter/jam kemudian direndam selama 2 hari, 4 hari, 6 hari dan 8 hari. Hasil dari penelitian ini adalah laju korosi pada air laut Gresik dengan variasi waktu perendaman 6 hari menghasilkan laju korosi yang tertinggi dengan nilai sebesar 0,7259 mmpy dan terendah pada waktu 2 hari sebesar 0,3053 mmpy diperoleh dari perendaman air laut Surabaya. Makin asam tingkat keasaman dalam air dan semakin tinggi nilai salinitas dan zat yang terlarut dalam air maka semakin besar laju korosi yang terjadi. Begitu juga waktu perendaman yang dipakai semakin lama maka semakin banyak tingkat laju korosi yang didapatkan baik semakin cepat atau juga semakin melambat.

 

Kata kunci : Baja Rendah Karbon (Mild Steel), Salinitas Air Laut, Korosi Pada Baja Rendah Karbon (Mild Steel)

Published
2018-01-18
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 265